Urgensi Kecerdasan Spiritual Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Keperibadian Peserta Didik Di SMPN 3 Palu

Main Author: Nuralang, Nuralang
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1398/1/Nurallang.pdf
http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1398/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Program kecerdasan spiritual guru dilaksanakan berjenjang dalam jangka panjang, langkah peningkatan kecerdasan spiritual guru melalui latihan dan pengamalan dalam kehidupan sehari-hari baik di dalam maupun diluar lingkungan sekolah serta tertanam nilai-nilai kehidupan yang Islami. (2) Proses kecerdasan spiritual guru dalam pembinaan keperibadian peserta didik di SMP Negeri 3 Palu diuraikan tiga sub; (a) Pendekatan kecerdasan spiritual guru pendidikan agama Islam yang dilakukan adalah guru sebagai model dalam melaksanakan peraturan maupun kegiatan sekolah; (b) Strategi kecerdasan spiritual guru pendidikan agama Islam yang dilakukan ada tiga yaitu penanaman nilai-nilai Islami meliputi sembilan nilai yaitu nilai sabar, syukur, optimis, tawakkal, ikhlas, keberanian, keadilan, jujur, tawadhu, sedangkan Aktivitas-aktivitas Islami yaitu aktivitas harian, aktivitas mingguan, aktivitas bulanan dan aktivitas tahunan, dan simbol-simbol Islami meliputi mushalla, kerudung, dekorasi ; (c) Metode kecerdasan spiritual guru pendidikan agama Islam yang dilakukan adalah pembiasaan yaitu pembiasaan dalam melakukan nilai-nilai Islami, pembiasaan dalam melakukan aktivitas-aktivitas Islami, pembiasaan dalam melakukan simbol-simbol Islami.