Upaya Guru Meningkatkan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Palu

Main Author: Kamaludin, Moh
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1392/1/MOH%20KAMALUDDIN.pdf
http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1392/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian mengenai upaya guru meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual melalui pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Palu menunjukkan bahwa upaya guru Akidah Akhlak dilakukan dengan memberikan keteladanan kepada peserta didik dalam hal tepat waktu datang di kelas, memberikan nasehat dan motivasi, sanksi/hukuman, menjadikan peserta didik yang pintar sebagai guru bantu bagi peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar, dan menerapkan metode diskusi dalam belajar. Upaya guru tersebut menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan spiritual meningkat dilihat dari kesadaran diri peserta didik menjadi lebih disiplin, bersikap jujur dalam mengerjakan tugas, bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas, dan tercipta kerjasama dalam belajar. Faktor pendukung bagi guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik yaitu adanya kerjasama antara guru Akidah Akhlak dengan wali kelas dalam hal penanganan masalah peserta didik, antusias dan kerjasama antar peserta didik dalam pembelajaran, adanya program madrasah berupa ekstrakurikuler, terutama yang bersifat keagamaan berupa kegiatan dakwah, tahfiz Alquran, salat duha, pembacaan Alquran pada jam pertama sebelum pembelajaran dan adanya kegiatan OSIS setiap hari jumat berupa penggalangan dana untuk saudara-saudara yang terkena musibah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor internal peserta didik berupa sikap-sikap kurang terpuji seperti saling tuduh, iri hati, dan saling menyinggung, selain itu kurangnya kemampuan yang baik peserta didik dalam membaca Alquran, dan minimnya kedisiplinan dalam mengikuti pembelajaran.