Implementasi Kegiatan Keasramaan Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Di MAN Insan Cendekia Kota Palu

Main Author: Musdalifa, Deli
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1375/1/deli%20musdalifa.pdf
http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1375/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bentuk implementasi kegiatan keasramaan di MAN Insan Cendekia Kota Palu dilaksanakan diluar jam pelajaran, yaitu dilaksanakan pada waktu malam dan subuh. Kegiatan ini antara lain kegiatan shalat berjamaah, qiroatul quran, tahfiz Alquran, qiro’ah qabla naum, ratibul haddad/barazanji, qiraatul kutub/kajian kitab, kultum tiga bahasa. 2) Hasil menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual peserta didik meningkat dilihat dari meningkatnya kemampuan dari peserta didik terhadap kegiatan keasramaan yang dilaksanakan sehingga dari kegiatan inilah menumbuhkan kesadaran beribadah peserta didik, disiplin, amanah, fleksibel dan berperilaku baik. Langkah dalam meningkatkan kecerdasan spiritual ialah melalui pelatihan, pembinaan dan pembiasaan. Dalam pelaksanaan kegiatan keasramaan terdapat beberapa hambatan yakni, kurangnya Pembina asrama dan durasi waktu pelaksanaan, sebaiknya ada penambahan Pembina minimal dua orang sehingga diharapkan bisa lebih maksimal dan juga sebaiknya kegiatan keasramaan dilaksanakan setelah shalat Isya atau durasi waktu satu setengah jam sehingga lebih maksimal.