Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Melalui Kegiatan Pramuka Dan Kesenian Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Donggala

Main Author: Hidayah, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1361/1/NURUL%20HIDAYAH.pdf
http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1361/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Peserta Didik Melalui kegiatan Pramuka dan Kesenian di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Donggala, melalui beberapa poin kegiatan yaitu: 1) kegiatan pramuka, (a) Peraturan Baris-Berbaris (PBB), Peraturan Baris-Berbaris adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan untuk menanamkan kebiasaan tata cara hidup pada suatu organisasi dan masyarakat, yang diarahkan kepada terbentuknya perwatakan tertentu, seperti menaati peraturan, tentang kedisiplinan. (b) Kemah kerja madrasah, kemah kerja madrasah adalah peserta didik diberikan berbagai tugas secara individu maupun kelompok selama kemah kerja berlangsung, adapun tujuannya agar sikap kemandirian dan kerjasama antar peserta didik dalam kelompok, serta diharapkan terjalin sikap persaudaraan antar sesama peserta didik, (c) Tali temali, kegiatan yang mengasah keterampilan dan kesabaran. (d) Penjelajahan, adapun kegiatan penjelajahan dilaksanakan melaui melakukan persiapan pada peserta didik. 2) kegiatan kesenian, (a) Drum Band adalah salah satu kegiatan dalam kesenian, yang terdiri dari beberapa peserta didik yang membentuk barisan yang kemudian memainkan alat musik dan menyanyikan satu atau beberapa lagu. (b) Hadrah, adalah sejenis Sambrah tetapi Hadrah dominannya lebih ke selawat.