Kompetensi Guru Dalam Al-Qur’an (Studi Analisis Surat Al-Jumu’ah Ayat 2)
Main Author: | Arsalan, Muammar Zuhdi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1325/1/KOMPETENSI%20GURU%20DALAM%20AL-QUR%E2%80%99AN.pdf http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1325/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di dalam Q.S. al-Jumu’ah [62]: 2 terkandung tiga ranah dalam teori Bloom, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kandungan ranah kognitifnya yaitu menguasai beragam metode pengajaran terhadap peserta didik. Ranah afektifnya adalah seorang guru harus berprilaku penuh hikmah terhadap peserta didik, baik di dalam dan luar kelas serta mendidik siswa untuk mencapai kebersihan jiwa. Dan yang terakhir, ranah psikomotoriknya adalah menjadi manusia pembelajar dan menambah wawasan dengan memperbanyak membaca buku. Berdasarkan analisis penulis bahwa terdapat kesesuaian antara Peraturan Mendiknas No. 16 tahun 2007 poin b dengan kompetensi yang tersirat dalam Q.S. al-Jumu’ah [62]: 2, yaitu sebagai berikut. kompetensi pedagogik berupa menguasai beragam metode pengajaran, kompetensi kepribadian berupa berprilaku hikmah, kompetensi sosial berupa mengarahkan siswa untuk mencapai kebersihan jiwa dan kompetensi profesional berupa menambah wawasan dengan memperbanyak referensi bacaan.