Pengaruh Faktor Eksternalterhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Alkhairaat Madinatul Ilmi Dolo Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi

Main Author: Cirisnani, Cirisnani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1321/1/CIRISNANI.pdf
http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1321/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan Secara simultan Pengujian hipotesis ketiga dari hasil ANOVA dapat diketahui nilai signifikan untuk pengaruh X dan X secara simultan terhadap Y adalah sebesar 0,013 F tabel 4,06. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Hipotesis ketiga diterima yang berarti terdapat pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y. Dengan R Square 86,5% dan 13,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel independen yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah berpengaruh signifikan secara simultan terhadap motivasi belajar. Secara parsial Lingkungan keluarga dengan hasil Pengujian hipotesis pertama, diketahui nilai signifikan untuk pengaruh X terhadap Y adalah sebesar 0,005 < 0,05 dan t hitung sebesar 31,514 > t tabel 1,680, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh X terhadap Y. Secara parsial Lingkungan sekolah dengan hasil Pengujian hipotesis kedua, diketahui nilai signifikan untuk pengaruh X terhadap Y adalah sebesar 0,785>0,05 dan nilai t hitung 2,900 > t tabel 1,680. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh X terhadap Y.