STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN LOGAM MULIA PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) CABANG PALEMBANG

Main Author: -, Maliah -
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas PGRI Palembang , 2017
Online Access: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/article/view/1307
https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Ekonomika/article/view/1307/1137
Daftar Isi:
  • PT. Pegadaian (Persero) Cabang Palembang dalam aktivitas penjualan produk logam mulia telah melakukan strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan yang ketat dengan lembaga keuangan lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan penjualan logam mulia pada PT. Pegadaian ( Persero ) Cabang Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran PT Pegadaian (Persero) Cabang Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah data penjualan logam mulia, dan strategi pemasaran.. Sampel dalam penelitian ini adalah data penjualan tahun 2013 – 2016, dan strategi pemasaran.Tekhnik pengumpulan data menggunakan data primer ( observasi, wawancara ) dan data sekunder ( studi kepustakaan, dokumentasi ). Metode penelitian adalah deskriptip kualitatif. Penelitian ini membahas tentang strategi pemasaran logam mulia pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Palembang dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran Logam Mulia PT. Pegadaian ( Persero) Cabang Palembang yaitu dengan menggunakan strategi bauran pemasaran 6P (Marketing Mix) yaitu : Strategi Produk (Product strategy), Strategi Harga (Price strategy), Strategi Promosi (Promotion strategy),Strategi Tempat (Placestrategy), Strategi Orang (People strategy), Strategi Proses (Process strategy). Hasil analisi SWOT dari strategi pemasaran logam mulia PT. Pegadaian (Persero) Cabang Palembang : 1). SO, yaitu mengutamakan pelayanan yang baik dan memperbanyak kantor unit cabang pembantu, 2). WO yaitu meningkatkan promosi dan meningkatkan fasilitas kerja, 3).ST yaitu menentukan lokasi UPC yang strategis dan menjamin keamanan dan keaslian Logam mulia, 4). WT yaitu meningkatkan kinerja dan mensejahterakan pegawai. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Penjualan