PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SD INPRES
Main Authors: | Nurwahidah, Nurwahidah, Ansar, Ansar |
---|---|
Other Authors: | Dr. Ansar, M.Si universitas negeri makassar dan Dra. Sitti Habibah universitas negeri makassar |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
UNM (Universitas Negeri Makasar)
, 2021
|
Online Access: |
https://ojs.unm.ac.id/JAK2P/article/view/9778 https://ojs.unm.ac.id/JAK2P/article/view/9778/pdf https://ojs.unm.ac.id/JAK2P/article/downloadSuppFile/9778/966 https://ojs.unm.ac.id/JAK2P/article/downloadSuppFile/9778/967 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengkaji tentang Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. Fokus penelitian yaitu: (1) Bagaimanah Perencanaan supervisi akademik kepala sekolah di SD Inpres Antang 1 Kota Makassar? (2) Bagaimanah Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di SD Inpres Antang 1 Kota Makassar? (3) Bagaimanah Tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah di SD Inprs Antang 1 Kota Makassar?. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui Perencanaan supervisi akademik kepala sekolah di SD Inprs Antang 1 Kota Makassar. (2) Untuk mengetahui Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di SD Inprs Antang 1 Kota Makassar. (3) Untuk mengetahui Tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah di SD Inprs Antang 1 Kota Makassa. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di SD Inpres Antang 1 Kota Makassar terdiri dari perencanaan supervisi akademik, pelaksanaan supervisi akademik, dan tindak lanjut supervisi akademik. (1) Perencanaan supervisi akademik kepala sekolah yaitu dengan merumuskan tujuan supervisi akademik, menyusun jadwal, serta penentuan pendekatan yang akan digunakan dalam pelaksanaan supervisi akademik. (2) Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah yaitu melaksanakan supervisi terhadap perencanaan mengajar guru, pelaksanaan mengajar guru, serta melaksanakan supervisi akademik terhadap evaluasi mengajar guru. Dalam pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah menggunakan teknik individual dan teknik supervisi kelompok sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kolaboratif. (3) Tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah dilakukan dengan cara menganalisis hasil evaluasi serta melakukan pembinaan terhadap keterampilan dan sikap guru. Bentuk tindak lanjut supervisi akademik kepala sekolah kepada guru yaitu mengadakan rapat hasil supervisi akademik dengan menggunakan pendekatan kolaboratif, serta pengikutsertaan pada pelatihan-pelatihan yang dilakukan oleh bidang studi, seperti mengikuti seminar pengembangan perangkat pembelajaran.