PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI

Main Authors: Akram, Ahmad Sayyidul, Ansar, Ansar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: UNM (Universitas Negeri Makasar) , 2021
Subjects:
Online Access: https://ojs.unm.ac.id/JAK2P/article/view/10943
https://ojs.unm.ac.id/JAK2P/article/view/10943/pdf
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bentuk Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMAN 9 Bulukumba, Mulai dari tahap pertemuan pra pengamatan, pelaksanaan pengamatan, dan pertemuan tindak lanjut. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu berusaha menggambarkan fenomena yang diteliti dalam bentuk deskriptif. Unit analisis dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas yang pernah melakukan supervisi berjumlah tiga orang. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kepala sekolah menciptakan suasana akrab dengan guru, memberikan pelatihan dalam rencana pengajaran, yang selanjutnya akan dilakukan guru saat kepala sekolah melakukan observasi kelas dimana guru itu mengajar. Hal-hal yang terjadi saat proses pembelajaran, dan juga tidak mengganggu proses pembelajaran, serta melaksanakan seluruh format observasi yang telah disepakati, mengulas kembali hal-hal penting yang dianggap perlu diperbaiki, memberikan penguatan kepada guru, mengajak guru menelaah tujuan dan strategi pembelajaran serta menunjukkan hasil pelaksanaan pengamatan untuk diberikan kesimpulan. Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah di SMAN 9 Bulukumba mulai dari tahap pertemuan pra pengamatan, pelaksanaan pengamatan, dan tindak lanjut sudah terlaksana dengan cukup baik, meskipun masih ada pula guru yang merespon buruk akan pelaksanaan supervisi ini, karena menilai bahwa pelaksanaan supervisi akan menilai kinerja mengajar mereka. Proses pada pelaksanaan pengamatan dan tindak lanjut menggambarkan supervisi yang dilakukan menggunakan model supervisi klinis, sedangkan pada pemecahan masalah kepala sekolah menggunakan pendekatan kolaboratif.