PERAN EFEKTIVITAS IKLAN DALAM MEMEDIASI DAYA TARIK IKLAN DAN KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR SPORT HONDA

Main Authors: Nurdiyanto, Ahmad Dwi, Malik, Dwi Ludjita
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: STIE "YKP" YOGYAKARTA , 2019
Online Access: http://jurnal.stieykp.ac.id/index.php/prima-ekonomika/article/view/54
http://jurnal.stieykp.ac.id/index.php/prima-ekonomika/article/view/54/39
Daftar Isi:
  • Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektifitas iklan dalammemediasi daya tarik iklan dan kredibilitas celebrity endorser terhadap keputusanpembelian sepeda motor Honda. Sampel yang diambil sejumlah 100 respondendiambil dari komunitas sepeda motor sport Honda di Semarang. Teknik samplingdalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Analisis data menggunakanregresi linier berganda dengan variabel intervening menggunakan program SEMAMOS versi 22. Berdasarkan analisis yang dilakukan memberikan hasil bahwa daya tarikiklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secaralangsung. Tetapi daya tarik iklan dan kredibilitas endorser tidak berpengaruhterhadap keputusan pembelian melalui efektifitas iklan. Sehingga efektifitas iklantidak dapat memediasi daya tarik iklan dan kredibilitas endorser terhadapkeputusan pembelian.