Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA5 SMA Negeri 5 Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020
Main Author: | Sunarta, Made |
---|---|
Format: | Article eJournal |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://zenodo.org/record/3743113 |
Daftar Isi:
- Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam matematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Denpasar melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Denpasar berjumlah 36 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020, (2) Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas XI MIPA 5 SMAN 5 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020.