PENGGUNAAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK (LISTENING) BAHASA INGGRIS BAGI SISWA KELAS XII P MIPA 1 SMA NEGERI 1UBUD PADA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Main Author: Ni Nengah Budiasih
Format: Article eJournal
Terbitan: , 2020
Online Access: https://zenodo.org/record/3742497
Daftar Isi:
  • Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk menerapkan sebuah inovasi model pembelajaran berupa penggunaan media film dalam upaya meningkatkan kemampuan menyimak (listening) bahasa Inggris siswa kelas XII P MIPA1 SMA Negeri 1 Ubud pada semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. Kelas yang anggotanya berjumlah 35 orang dipilih menjadi subjek penelitian berdasarkan hasil tes awal dengan rata-rata 65,81 menunjukkan angka dibawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan menyimak (listening) bahasa Inggris yang masih menjadi kendala utama dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan jadual mulai bulan Juli sampai dengan September 2017. Data yang diperlukan digali dengan mengunakan tes prestasi belajar berupa tes kemampuan menyimak (listening). Analisa data yang dilakukan meliputi analisa rata-rata prestasi belajar (Mean) dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah media film dapat meningkatkan kemampuan menyimak (listening) bahasa Inggris siswa. Ini terbukti dari nilai rata-rata awal 65,81 meningkat menjadi 75,52 pada siklus I dan pada siklus II menjadi 79,43. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah media film dapat meningkatkan kemampuan menyimak (listening) bahasa Inggris siswa kelas XII P MIPA 1 SMA Negeri 1 Ubud pada semester I tahun pelajaran 2017/2018.