HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA
Main Authors: | Achmad, R I, Mujasam, YUsuf, Irfan, Widyaningsih, S.W. |
---|---|
Format: | info Proceeding eJournal |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://zenodo.org/record/1187202 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar fisika, (2) Untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar fisika (3) Untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar fisika peserta didik SMP Negeri 7 Prafi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif sehingga data dianalisa untuk mendeskripsikan hubungan antara motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar fisika peserta didik. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) “Ada hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar”. Hal ini ditunjukan dengan hasil penelitian diperoleh rs hitung > rs tabel yaitu 0,595 > 0,396, dan besarnya sumbangan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 33,1%. (2) “Ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar”. hal ini ditunjukan dengan hasil penelitian diperoleh rs hitung > rs tabel yaitu 0,423 > 0,396 dan besarnya sumbangan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 16,2%. (3) “Ada hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar”. hal ini ditunjukan dengan hasil penelitian diperoleh rs hitung > rs tabel untuk uji regresi berganda didapat koefisien korelasi sebesar 0,609 lebih besar dari rs tabel yaitu 0,396 dan besarnya sumbangan motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik sebesar 37,1% Artinya, ada hubungan yang positif antara motivasi berprestasi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar fisika peserta didik.