PENERAPAN KONSELING KELOMPOK RASIONAL EMOTIF PERILAKU (REP) UNTUK MENGURANGI SCHOOL REFUSAL (PENOLAKAN SEKOLAH) SISWA KELAS VIII SMPN 5 GAROGA

Main Author: Runggu Manurung
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI) , 2020
Online Access: http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/article/view/202
http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/article/view/202/145
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan menguji penerapan layanan konseling kelompok rasional emotif perilaku (REP) dengan menggunakan teknik disput imajinasi yang digunakan untuk mengurangi school refusal (penolakan sekolah) siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Garoga. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-eksperiment dengan jenis penelitian one groub pre test-post test. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 siswa kelas VIII yang memiliki school refusal (penolakan sekolah) tinggi. Penelitian ini akan menggunakan statistik nonparametrik yaitu uji wilcoxon. Setelah dilakukan post–test maka diperoleh skor post-test kemudian dianalisis menggunakan uji statistik non-parametrik dengan uji wilcoxon. Setelah data post-test diolah diperoleh hasil bahwa terdapat 4 subjek yang menunjukan adanya penurunan school refusal (penolakan sekolah) pada siswa. Hal ini menunjukan bahwa konseling kelompok rasional emotif perilaku dapat menurunkan school refusal (penolakan sekolah) pada siswa SMP Negeri 5 Garoga setelah pemberian konseling kelompok rasional emotif perilaku (REP).