PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X IPA 4 SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 BENGKALIS TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Main Author: | Rodiah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)
, 2020
|
Online Access: |
http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/article/view/177 http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/article/view/177/122 |
Daftar Isi:
- Pendidikan sangat penting dalam kehidupan manusia dan mutlak baik dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Masalah pendidikan, tidak lepas dari proses pembelajaran siswa sebagai penerima pelajaran dan guru sebagai tenaga pengajar. Guru juga merupakan salah satu penentu keberhasilan belajar siswa, sehingga siswa memperoleh nilai yang baik, terjadi perbaikan dalam proses belajar mengajar, peneliti merasa terdorong untuk mengevaluasi diri dengan melakukan perubahan dengan menggunakan metode penugasan pada materi pola bilangan. Kelas X IPA 4 semester genap tahun pelajaran 2019/2020 di SMA Negeri 1 Bengkalis. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I sebanyak 2 pertemuan dan siklus 2 sebanyak 2 pertemuan. Dalam penelitian ini juga dilengkapi dengan aktivitas guru dan aktivitas siswa yang dinilai menggunakan lembar observasi selama kegiatan belajar mengajar di kelas. Untuk aktivitas siswa, peneliti langsung memberikan penilaian, sedangkan untuk aktivitas guru dinilai oleh observer. Hasil ketuntasan yang diperoleh pada ulangan harian I siklus I dengan ketuntasan 80% pada kategori baik, sedangkan pada ulangan harian II pada siklus II skor ketuntasan 92% dengan predikat sangat baik. Artinya dalam proses belajar mengajar perlu dilakukan perbaikan dan perubahan khusus dalam menggunakan metode pengajaran, mencari, memahami, menganalisis berbagai metode pengajaran kemudian menghubungkannya dengan materi yang akan diberikan, kemampuan siswa yang ada, dan dilengkapi dengan penggunaan media yang sesuai, seperti LTS (Lembar Tugas Siswa) dalam proses belajar mengajar. Disini peneliti juga memberikan reward kepada kelompok yang mendapatkan nilai bagus di setiap pertemuan