PENGGUNAAN STRATEGI INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII B SMPN I SURALAGA
Main Author: | Seniati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Institut Penelitian dan Pengembangan Mandalika Indonesia (IP2MI)
, 2020
|
Online Access: |
http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/article/view/168 http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jtm/article/view/168/112 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) bertujuan untuk Peningkatan Prestasi Belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Suralaga dengan penggunaan strategi pembelajaran inkuiri pada materi relasi dan fungsi Tahun pelajara 2019/2020. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B SMP N 1 Suralaga kecamatan Suralaga kabupaten Lombok Timur tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 26 siswa dan terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, setiap siklusnya dilaksanakan 2 kali pertemuan. Hasil analisis data menggunakan analisis ketuntasan hasil belajar secara klasikal minimal 85% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai KKM. Dari hasil analisis pada siklus I pertemuan 1 diperoleh rata-rata sebesar 2,63 dengan kategori Cukup Aktif dan pertemuan 2 diperoleh rata-rata sebesar 3 kategori Cukup Aktif. Berdasarkan analisis hasil observasi pada siklus I, jumlah siswa yang tuntas secara klasikal sebesar 69 % berarti masih dibawah standar ketuntasan klasikal yang ditentukan. Oleh karena itu peneliti melanjutkan ke siklus berikutnya. Dalam siklus I ini terdapat kekurangan/kelemahan yang perlu untuk diperhatikan dan diperbaiki. Hasil belajar pada siklus II pertemuan 1 diperoleh rata-rata sebesar 3,6 dengan kategori Aktif dan pertemuan 2 diperoleh rata-rata sebesar 4,6 kategori Sangat Aktif. Berdasarkan analisis hasil observasi pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas secara klasikal sebesar 92 % berarti memenuhi standar ketuntasan klasikal yang ditentukan. Oleh karena itu peneliti tidak perlu melanjukan kesiklus berikutnya.