Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa PGSD pada Masalah Open-ended
Main Authors: | Rhosyida, Nelly, Trisniawati, Trisniawati, Putrianti, Flora Grace |
---|---|
Format: | Article info Bachelors application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/3147 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/3147/pdf |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD serta mendeskripsikan kelemahan mahasiswa dalam pembelajaran dengan masalah open-ended ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes. Hasil penelitian menunjukkan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa PGSD tergolong pada kategori tinggi dengan perolehan rata-rata skor KPM yaitu 51,76. Persentase mahasiswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah pada kategori tinggi adalah 94%, sementara 6% dari total mahasiswa berada pada kategori sedang. Tidak ada mahasiswa yang berada pada kategori rendah. persentase penguasaan mahasiswa pada tahapan memahami masalah 99,20%, merencanakan strategi 95,20%, menyelesaikan masalah 81,60%, dan memeriksa kembali yaitu 32,80%. Mahasiswa sudah mampu memahami permasalahan, merencanakan strategi, dan mengeksekusi strategi dalam menyelesaikan soal. Akan tetapi, mahasiswa belum terbiasa melakukan pemeriksaan ulang dan memberikan alternatif solusi terhadap hasil pekerjaannya.