Desain Bahan Ajar Lingkaran Berbasis Koneksi Matematis Siswa SMP
Main Authors: | Aprilia, Deni, Praja, Ena Suhena, Noto, Muhammad Subali |
---|---|
Format: | Article info Penelitian Desain application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/1547 https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/union/article/view/1547/pdf |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan suatu alternatif desain pembelajaran terkait materi lingkaran yang dilatarbelakangi adanya learning obstacle khususnya hambatan epistimologis. Penelitian ini difokuskan pada kemampuan koneksi matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian Didactical Desgn Research (DDR) yang menghasilkan bahan ajar berupa modul. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Cirebon untuk identifikasi learning obstacle dan untuk implementasi bahan ajar. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya learning obstacle siswa yaitu (1) terkait menghubungkan berbagai konsep representasi, (2) pada konsep lingkaran yang yang dikaitkan dengan konsep matematika secara internal maupun eksternal, (3) terkait membuat model matematika dari soal yang berbentuk cerita. Selanjutnya disusun bahan ajar berdasarkan learning obstacle siswa yang telah teridentifikasi. Berdasarkan hasil validasi terhadap bahan ajar diperoleh persentase 93,2% yang termasuk kriteria sangat valid. Pada saat implementasi, sebagian besar respons siswa sesuai dengan prediksi sehingga bahan ajar menjadi salah satu alternatife dalam meminimalisir hambatan-hambatan belajar siswa.Â