Promosi Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Metode Ceramah Disertai Alat Peraga pada Murid Sekolah Dasar Sebagai Fasiliator
Main Authors: | Nugroho, Fadzlikaselly Widya Puspa Handayani, Yuanda, Febri, Mursyid, Permata Amalia, Hasanah, Siti Nur, Ahmad, Zidra Gemilang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Ilmu Bersama Center
, 2022
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.ilmubersama.com/index.php/PubHealth/article/view/43 https://jurnal.ilmubersama.com/index.php/PubHealth/article/view/43/48 |
Daftar Isi:
- Pendidikan kesehatan gigi dilaksanakan agar seseorang atau kelompok masyarakat mau mengubah perilaku lama yang kurang menguntungkan bagi kesehatan giginya menjadi perilaku yang menguntungkan bagi kesehatan giginya. Pendidikan kesehatan gigi akan lebih efektif dimulai dari lingkungan keluarga dengan cara mengajarkan kepada ibu tentang pentingnya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut. Keberhasilan pendidikan kesehatan gigi sangat dipengaruhi oleh pengetahuan ibu sebagai penggerak pendidikan kesehatan. Untuk menguji pengaruh metode ceramah interaktif dan demonstrasi disertai alat peraga, terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan komunikasi tentang kesehatan gigi dan mulut pada guru SD, serta perbedaan pengetahuan dan keterampilan komunikasi verbal dan non verbal guru SD pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Metode Penelitian yang digunakan Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan penelitian pretestposttest with control group design. Subjek penelitian terdiri dari 2 kelompok, yaitu kelompok perlakuan dan kontrol. Pada kelompok perlakuan, guru SD diberi pelatihan oleh narasumber dengan metode ceramah interaktif dan de monstrasi yang disertai alat peraga sedang- kan pada kelompok kontrol tidak mendapat pelatihan.