Pengaruh Volume Sepeda Motor Terhadap Kemacetan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Pangeran Antasari Samarinda

Main Author: Adi, Ari Sasmoko
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Department of Architecture, Faculty of Engineering , 2020
Subjects:
Online Access: http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/TEKNIKD/article/view/6217
http://ejurnal.untag-smd.ac.id/index.php/TEKNIKD/article/view/6217/pdf
Daftar Isi:
  • Sepeda Motor adalah kendaraan bermotor beroda 2 (dua) dengan atau tanpa rumah- rumah dan dengan atau tanpa kereta samping, atau kendaraan bermotor beroda tiga (3) tanpa rumah-rumah. Data BPS Prov. Kaltim sepeda motor terus meningkat 5,67 % di Tahun 2017 dengan jumlah sepeda motor 2.319.159 unit. Dalam penelitian pada ruas Jalan P. Antasari menggunakan metode survei jumlah kendaraan terutama sepeda motor. Hasil analisis kepadatan arus kendaraan terjadi di pagi sebesar 25 Kendaraan/Km dan sore hari dengan jumlah 27 Kendaraan/Km. Proporsi sepeda motor yang tinggi memberikan pengaruh terhadap menurunnya kecepatan pada kendaraan ringan dan kendaraan berat. Tingkat pelayanannya arus kendaraan terjadi perlambatan kendaraan (DS > 1), kecepatan rendah, volume diatas kapasitas dan sering terjadi kemacetan pada waktu yang cukup lama.