Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Shooting Sepak Bola Melalui Metode Bermain Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Siding Kabupaten Bengkayang

Main Authors: Agus Lauh, Whalsen Dulih, Suhairi, Muhammad , Panel
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: IKIP PGRI Pontianak , 2022
Online Access: https://jurnal.jsa.ikippgriptk.ac.id/index.php/jsa/article/view/4
https://jurnal.jsa.ikippgriptk.ac.id/index.php/jsa/article/view/4/4
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi dan peningkatan pembelajaran Shooting bola kaki dengan gaya mengajar melalui metode bermain. Ruang Lingkup Penelitian dalam penelitian ini dibedakan menjadi: (1) Variabel masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran shooting bola kaki., (2) Variabel tindakan dalam penelitian ini adalah melalui metode bermain. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, adapun jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Alat penelitian yang digunakan berupa proses sikap, lembar observasi dan metode bermain. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik. Dari hasil tes pada prasiklus menunjukkan bahwa hasil belajar shooting bola kaki yang dilakukan oleh siswa meningkat dari 25% pada kondisi awal menjadi 60% pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 85% pada akhir siklus II. Indikator target capaian pada siklus II adalah 75%. Dari hasil belajar siswa yang ditunjukkan, presentase ketuntasan hasil belajar siswa adalah 85%, artinya target capaian pada siklus II sudah tercapai.Berdasarkan dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran shooting bola kaki dapat ditingkatkan melalui metode bermain.