Pengembangan Media Pembelajaran Bermuatan Konflik Kognitif Untuk Mengurangi Dugaan Miskonsepsi Pada Matakuliah Fisika Dasar

Main Authors: Handhika, Jeffry, Kurniadi, Erawan, Muda, Iskandar
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sebelas Maret Surakarta , 2014
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/fisika/article/view/5399
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/fisika/article/view/5399/3815
Daftar Isi:
  • Pengembangan media pembelajaran bermuatan konflik kognitif diharapkan dapat digunakan sebagai alat bantu untuk mereduksi miskonsepsi yang terjadi pada mahasiswa yang menempuh kuliah Fisika Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan produk. Pengembangan media menggunakan model pengembangan ADDIE Hasil evaluasi produk media untuk kelas kecil memberikan persentase 72,5 % (kelayakan tinggi), pakar media memberikan persentase 70,83% (kelayakan tinggi), dan pakar materi memberikan presentase kelayakan 57,14% (kelayakan sedang) kemudian diperbaiki menjadi 67,86% (kelayakan tinggi). Media pembelajaran bermuatan konflik kognitif yang telah dikembangkan mampu memereduksi miskonsepsi mahasiswa pada mata kuliah Fisika Dasar dengan kategori Gain total Tinggi (0,800 untuk kelas kecil dan 0,81 untuk kelas pengguna). Kata kunci : Media, konflik kognitif, Model Pengembangan ADDIE.