KEMAMPUAN MAHASISWA PRODI FISIKA DALAM MENGEMBANGKAN TES ESSEY MATERI PEMBELAJARAN FISIKA SEKOLAH MENENGAH

Main Author: Budiharti, Rini; Pendidikan Fisika PMIPA FKIP UNS
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sebelas Maret Surakarta , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/fisika/article/view/1844
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/fisika/article/view/1844/1346
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan mahasiswa Prodi Fisika dalam mengembangkan tes essay materi pembelajaran Fisika Sekolah Menengah. Penelitian ini dilakukan di Prodi Fisika semester Pebruari-Juli tahun 2011. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa programstudi Fisika yang menempuh mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Fisika pada tahun 2011. Dalam hal ini terdapat sejumlah tiga kelas, yaitu kelas A, B, dan C. Untuk kelas A dan B merupakan campuran antara mahasiswa reguler dengan mahasiswa swadana biasa, sedangkan kelas C adalah kelas swadana SBI. Teknik sampling yang dilakukan dalam penelitian ini secara bertahap. Tahap I dilakukan dengan purposive sampling yaitu difokuskan untuk mahasiswa reguler dan swadana biasa. Selanjutnya dari dua kelas yang terpilih secara acak diambil satu kelas sebagai sample yaitu kelas B yang seluruhnya berjumlah 29 mahasiswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes, yaitu mahasiswa dites dengan menggunakan perangkat tes untuk mengembangkan tes essay salah satu pokok materi mata pelajaran Fisika Sekolah Menengah. Dalam mengerjakan tesmahasiswa dipandu dengan tahapan-tahapan untuk mengembangkan instrument tes essay sampai dengan skoringnya. Dari hasil tes yang telah dilakukan mahasiswa, selanjutnya dianalisis dengan melakukan scoring pada masing-masing aspek yaitu: kesesuaian jumlah soal dengan alokasi waktu, kesesuaian rumusan butir soal dengan indikator dan identifikasijenjang kemampuan, pembobotan skor butir soal, penyusunan tahap skoring masing-masing butir soal, dan penyusunan kunci jawaban. Selanjutnya pada masing-masing aspek yang diungkap, dihitung persentasenya. Selain itu secara menyeluruh juga dilakukan perhitunganpersentase kemampuan mahasiswa.Dari hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan mahasiswa Prodi Fisika dalam mengembangkan tes essay mata pelajaran Fisika Sekolah Menengah sebagian besar (62,06%) termasuk kategori baik, sedangkan yang lainnya yaitu sebesar 31,03 % termasuk kategori sedang dan hanya 6,91 % termasuk kategori kurang. Hal ini memberikan implikasi bahwa sebagian besar mahasiswa Prodi Fisika telah siap mengabdikan dirinya untuk menjalankan satu tugas keprofesionalan sebagai guru yaitu mengembangkan perangkat evaluasi pembelajaran Fisika sampai dengan teknik skoringnya. Namun demikian bimbingan efektif kepada mahasiswa untuk mengembangkan instrument tes essay masih perlu dilakukan dalam kegiatan perkuliahan mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Fisika.Kata kunci : mahasiswa, tes essay, pembelajaran Fisika Sekolah Menegah.