INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GI (GROUP INVESTIGATION) MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBUAT (ACTION LEARNING APPROACH)

Main Author: Ekawati, Elvin Yusliana; Pendidikan Fisika PMIPA FKIP UNS
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Sebelas Maret Surakarta , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/fisika/article/view/1840
http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/fisika/article/view/1840/1342
Daftar Isi:
  • Artikel ini membahas tentang internalisasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Fisika.Model pembelajaran Kooperatif tipe GI (Group Investigation) dengan pendekatan pembelajaran berbuat (Action Learning Appoach)dipilih untuk membenahi karakter siswa dalam pembelajaran Fisika.Pada pembelajaran ini, siswa secara berkelompok diberi tugasproyek oleh guru untuk sebuah proyek sosial yang relevan dengan materi Fisika yang sedang dibahas di dalam kelas. Hasil yang diharapkan dari penerapan strategi ini, siswa dapat menjadi lebih kreatif, mandiri, mampu bekerjasama dalam tim, memiliki kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasi lisan yang lebih baik, sebagai warga masyarakat yangmemberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Untuk memantau kemajuan pembinaan karakter siswa tersebut,penilaian proyek dan penilaian sikap ilmiah perlu dimanfaatkan untuk mendukung keberhasilan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe GI dengan pendekatan pembelajaran berbuat ini.Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Group Investigation, Pendekatan Pembelajaran Berbuat (ActionLearning Appoach)