IMPLEMENTASI DESAIN FONT “KAMPUNG LAWAS” PADA GAPURA SEBAGAI IDENTITAS VISUAL KAMPUNG LAWAS MASPATI SURABAYA

Main Authors: Aulia Aisy Azzahra, Mahimma Romadhona
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Desain Komunikasi Visual , 2022
Subjects:
Online Access: https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/amarasi/article/view/1039
https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/amarasi/article/view/1039/345
Daftar Isi:
  • Identitas visual memiliki makna sebagai segala bentuk identitas sebuah produk, brand, atau individu yang dapat diidentifikasi secara visual. Identitas visual merupakan wajah pertama yang akan dikenali oleh masyarakat ketika sebuah brand muncul ke permukaan. Begitu pula bagi Kampung Lawas Maspati, yaitu sebuah kampung yang berada di kota Surabaya dimana kampung ini dahulu ditinggali oleh keluarga Keraton Solo, sehingga masih tersisa bangunan dengan arsitektur yang khas digunakan keluarga kerajaan. Kampung ini memiliki potensi wisata yang besar. Namun, Kampung Lawas tersebut belum memiliki identitas visual yang menandakan ciri dari Kampung Lawas dan kurangnya kesadaran masyarakat akan keberadaan Kampung Lawas. Tujuan perancangan ini adalah sebagai upaya untuk memberikan identitas pada kampung lawas Maspati sehingga mudah dikenali oleh masyarakat. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif yaitu observasi dan studi pustaka yang dilakukan dengan mengamati lokasi dan membuat dokumentasi serta pencarian informasi. Pengembangan konsep visual melalui perancangan typeface sampai ke tahap perancangan implementasi desain font. Hasil penelitian ini adalah desain font bernama “Kampung Lawas” yang bentukannya mengacu pada desain atap rumah warga setempat. Selanjutnya, font tersebut diimplementasikan pada desain gapura Kampung Lawas Maspati sebagai identitas visual.