ANTECEDENTS DAN CONCEQUENCES DARI BRAND COMMUNITY

Main Author: Sinulingga, Nora Anisa
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: UNIVERSITAS SARI MUTIARA INDONESIA , 2019
Online Access: http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/view/649
http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMM/article/view/649/582
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisi pengaruh dari self identification terhadap  social identification dan bagaimana kedua pengaruh dari kedua variabel tersebut terhadap brand community dan bagaimana pengaruh dari brand community terhadap loyalty serta bagaimana pengaruh dari brand community dan loyalty terhadap word-of-mouth. Kerangka konseptual terdiri dari konstruk-konstruk berikut ini :  self identification, social identification, brand community, loyalty dan word of mouth. 6 hipotesis diuji dalam penelitian ini. Uji instrument digunakan untuk menguji validitas dan reabilitas dari pengukuran, sementara structural equation model digunakan untuk menguji hipotesis. 150 orang responden yang ada di kota Medan, yang pernah berkunjung ke Zara dan membeli produknya . Hasil pengujian menunjukan bahwa self identication memiliki pengaruh positif terhadap social identification dan brand community serta social identification juga memiliki pengaruh terhadap brand community. Sementara itu brand community memiliki pengaruh positif terhadap loyalty dan word of mouth. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa loyalty tidak memiliki pengaruh positif terhadap word of mouth.