PENGARUH PAJAK, PROFITABILITAS, DAN MEKANISME BONUS TERHADAP KEPUTUSAN MELAKUKAN TRANSFER PRICING (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)
Main Author: | Syahputra, Heri Enjang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS)
, 2021
|
Online Access: |
http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/tekesnos/article/view/2323 http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/tekesnos/article/view/2323/1564 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris tentang faktor-faktor yang mempengaruhi transfer pricing pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2018. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling, didapatkan total sampel yang terkumpul sebanyak 30 data laporan keuangan periode 2016-2018 dari 10 sampel perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis dengan uji parsial, uji simultan, dan koefisien determinasi, dengan bantuan program IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pajak tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan transfer pricing, profitabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan transfer pricing, dan mekanisme bonus tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan transfer pricing.