PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING MELALUI PEMBELAJARAN DARING DAN LURING DIMASA PANDEMI COVID-19TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAKELAS V SD SWASTA TP DAYA CIPTA T.A 2020/2021

Main Authors: Limbong, Winny Sunfriska, Silalahi, Taruli Marito, Rusliandani, Rusliandani
Format: Article info application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS) , 2021
Online Access: http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/tekesnos/article/view/2311
http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/tekesnos/article/view/2311/1562
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA  melalui pembelajaran daring dan luring pada masa pandemik covid-19  siswa kelas V SDS TP Daya Cipta T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini ialah Pre-Eksperimental Design.Waktu penelitian dilakukan tanggal 07 - 10 juni 2021. Subjek penelitian  ialah seluruh peserta didik kelas V SD dan sampel penelitian adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 30 peserta didik.  Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu test, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar IPA  melalui pembelajaran daring dan luring pada masa pandemik covid-19  siswa kelas V SDS TP Daya Cipta T.A 2020/2021. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis yang diperoleh dengan pengujian menggunakan uji-t menunjukan bahwa nilai thitung = 7.948 > ttabel = 1.701, sehingga thitung> ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping melalui pembelajaran daring dan luring dimasa pandemi covid-19 terhadap hasil belajar pada pembelajaran IPA kelas V SDS TP Daya Cipta T.A 2020/2021