PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI TERHADAP KINERJA PEMASARAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DI KOTA PONTIANAK

Main Author: Laufra B11110060, Cristover Roberto
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen Update , 2015
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/8561
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menjawab permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini yaitu meneliti apakah orientasi pasar dan inovasi berpengaruh terhadap kinerja pemasaran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Pontianak. penelitian ini dirancang sebagai penelitian eksplanasi atau kausal. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik Purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden di Kota Pontianak. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 20. Hasil analisis data yang diperoleh menunjukan bahwa orientasi pasar dan inovasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan nilai signifikansi 0,000. Secara parsial, pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran adalah tidak signifikan dan positif, sedangkan pengaruh inovasi terhadap kinerja pemasaran adalah signifikan dan positif. Kata Kunci : Orientasi pasar, inovasi, kinerja pemasaran dan usaha kecil dan menengah (UKM)