ANALISIS KUALITAS JASA TRANSPORTASI (STUDI KOMPARATIF PADA PERUSAHAAN JASA ANGKUTAN PENUMPANG PERUM DAMRI DAN CV. ADAU TRANSPORT SERVICE RUTE PONTIANAK-KUCHING)

Main Author: B11109084, Tri Wahyuni
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen Update , 2014
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/6036
Daftar Isi:
  • Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas jasa transportasi Bis Damri dan Bis ATS rute Pontianak-Kuching, dan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tanggapan responden terhadap kualitas jasa kedua transportasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode survey. Populasi adalah seluruh penumpang bis Damri dan ATS rute Pontianak-Kuching. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Banyaknya sampel yang diambil dalam penelitian ini sebesar 100 sampel yaitu 50 sampel dari penumpang Perum Damri dan 50 sampel dari penumpang CV. Adau Transport Service rute Pontianak-Kuching. Kriteria sampel yaitu penumpang bis Damri/ATS yang telah menggunakan jasa angkutan bisDamri/ATS minimal selama 2x dalam 1 tahun terakhir dan penumpang bis Damri dan ATS yang berusia di atas 17 tahun. Teknikan alisis data yang digunakan adalah uji kruskal wallis dengan program SPSS 17.0. Temuan penelitian berdasarkan pengolahan data melalui uji beda kruskal wallis menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan tanggapan responden terhadap jasa transportasi bis Damri dan bis ATS dalam hal Tangible, Reliability, Responsiveness, dan Assurance. Hal ini berarti bahwa responden tidak melihat adanya diferensiasi yang nyata dari kedua penyedia jasa transportasi tersebut. Diferensiasi hanya tampak nyata pada variable Emphaty yaitu dalam hal kemampuan dan itikat baik karyawan untuk memberikan pelayanan, usaha yang dilakukan karyawan untuk memahami keinginan pelanggan dan kepedulian karyawan terhadap masalah yang dihadapi pelanggan. Kata Kunci : tangible, reliability, responsiveness, assurance, danemphaty