PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, DAN KESADARAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SERTA DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN LINI PRODUK LAPTOP ACER ASPIRE (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Tanjungpura Pontianak)

Main Author: FINSEN, FINSEN B1021171079
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen Update , 2022
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/55976
Daftar Isi:
  • Penelitian ini menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen Lini Produk Laptop Acer Aspire (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Tanjungpura Pontianak). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas produk, citra merek, dan kesadaran merek terhadap keputusan pembelian serta dampaknya terhadap loyalitas konsumen lini produk laptop acer aspire. Pada penelitian ini menggunakan data primer. Penelitian akan dilakukan dengan metode survei, dengan menyebar kuesioner dengan sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini Kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Citra merek berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, Kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Kualitas produk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen, Citra merek berpengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen, Kesadaran merek berpengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen, Keputusan pembelian berpengaruh positif tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen, Keputusan pembelian berperan sebagai variabel yang memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen, Citra merek berperan sebagai variabel yang memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen dan Kesadaran merek berperan sebagai variabel yang memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas konsumen. Kata Kunci: Kualitas Produk, Citra Merek, Kesadaran Merek, Keputusan Pembelian, Loyalitas Konsumen.DAFTAR PUSTAKA Aaker, David A. 1997. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama. Agus W., Soehadi. 2005. Effective Branding. Bandung: PT. Mizan Pustaka. Anggraeni, D. P., Kumadji, S., dan Sunarti. 2016. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 37 (1) : 171-177. Apriliani. 2019. Pengaruh Brand Trust, Brand Equity dan Brand Image terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Teh Botol Sosro di Wonosobo). Jurnal PPKM. Vol. 6, No. 2, 112 – 121. Arianto, N. Giovanni. 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pemasaran Kompetitif. Vol. 3, No. 2 Februari 2020. Asnawi, Nur & Masyhuri. 2009. Metodologi Risert Manajemen Pemasaran. Malang : UIN Malang Press. Assauri, Sofjan. 2009. Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Strategi. Edisi Pertama. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta Buchari Alma, (2011), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembelian, Alfabeth, Bandung. Fikri,M.Z., dan Mulazid,A. S. 2018.PENGARUHBRANDIMAGE, LOKASIDAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MINIMARKET “KEDAI YATIM”. Syarikah P-ISSN 2442-4420 e-ISSN 2528-6935 Volume 4 Nomor 1, Juni 2018. Fitriyani. (2010). Pengukuran Tingkat Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE Express) Solo (Studi Pada Mahasiswa Diploma Tiga Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta). Gaffar, Vanessa. 2007. Customer Relationship Management and Marketing Public Relation. Bandung : Alfabeta Gaspersz, Vincent. 2005. Total Quality Management. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama. Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. 101 Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Irawan, D., dan Japarianto, E. 2013. JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN ANALISA PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PELANGGAN RESTORAN POR KEE SURABAYA. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol. 1, No. 2, (2013) 1-8 , Universitas Kristen Petra. https://www.topbrand-award.com/2020/06/top-brand-index-tracking-notebookmobile-ver/[2020] https://tekno.kompas.com/read/2021/03/31/11110007/kondisi-pasar-komputerdan-5-besar-vendor-pc-di-indonesia?page=2 Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2015. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc. Musapat, M., dan Armia, S. 2019. PENGARUH PERSEPSI KUALITAS DAN KESADARAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PENGGUNA LAMPU LED HANNOCHS DI BANDA ACEH. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Vol. 3, No. 2 Mei: 96-110, E-ISSN: 2598-635X Peter & Olson (2000). Consumer Behavior Perilaku Konsumen 2nd. Edisi 4 Jakarta: Penerbit Erlangga Radder & Huang. (2007). High-involvement and low involvement products : A comparison of brand awareness among students at a South African.University. Journal of Fashion Marketing and Management, 12(2), 232-243. (http://www.emeraldinsight.com/journals.htm?articleid=1724544). Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama Riduansyah, M., Suharyono, Arifin, Z. 2016. PENGARUH KESADARAN MEREK, ASOSIASI MEREK, DAN KESAN KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Pembeli Sepatu Merek Adidas Di Adidas Store Mal Olympic Garden Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 41 No.1 Roslina. 2010. “Citra Merek: Dimensi, Proses Pemngembangan Serta Pengukurannya.” Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 6 No 3, Mei 2010: 333-346. 102 Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabet Globalisasi. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV. Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet. Implikasinya pada Strategi. Tahuman, Z 2016, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan serta Dampaknya terhadap Keunggulan Bersaing,” Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, Vol. 4, No. 3, hlm. 445–460 Tjahjaningsih, E. dan Yuliani, M. 2009. ANALISIS KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK DALAM MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS MEREK HP NOKIA. TEMA. Vol. 6. Edisi 2, hal.104-118. Tjahyadi, Rully Arlan, 2006. Brand Trust Dalam Konteks Loyalitas Merek: peran Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, dan Karakteristik Hubungan Pelanggan-Merek. Jurnal Manajemen, Vol. 6, No. 1, Nov 2006 65. Tjiptono, Fandy. 2015. Pemasaran Strategi. Yogyakarta: Andi