PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, ONLINE CUSTOMER RATING DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING DI SHOPEE
Main Author: | Anita, MARIA ANITA B1021181009 |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | idn |
Terbitan: |
Jurnal Manajemen Update
, 2022
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/53782 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini memiliki latarbelakang dari adanya perbedaan hasil penelitian mengenai variabel online customer review, online customer rating dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening di Shopee. Penelitian ini menggunakan data primer yang berasal dari kuesioner dan data sekunder berasal dari berbagai jurnal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wanita yang pernah melakukan pembelian produk scarlett whitening di shopee. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Penentuan Sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang wanita. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dibantu oleh SPSS 17 for windows serta analisis ststitik deskriptif sebagai penggambaran dari seluruh pernyataan dan analisis regresi linier berganda sebagai alat pengukuran yang mengukur pengaruh variabel bebas dan terikat baik secara parsial maupun simultan. Adapun hasil penelitian membuktikan bahwa online customer review secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening di shopee, online customer rating secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening di shopee, kepercayaan konsumen secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening di shopee, serta online customer review, online customer rating dan kepercayaan konsumen secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening di shopee. Keywords: Online Customer Review, Online Customer Rating, Kepercayaan Konsumen dan Keputusan Pembelian DAFTAR PUSTAKA Aaberg, A. M., C.E, R., B.S., H., C.M, &., & J.M. (2014). Basic Life Support Knowledge, self-reported skills and fears in Danish hight school students and effect of a single 45-min training session run by junior doctos: a prospective cohort study. Denmark: Resuscitation and Emergency Medicine.Abdurrahaman, A. S. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Social Networking Websites. Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma .Achmad , E., & Riduwan. (2014). Cara Mudah Menggunakan dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung: Alfabeta.Aladin, A. L., Alfyandi, & Putra, A. T. (2018). Strategi Pemasaran dalam Prespektif Perilaku Konsumen. Bogor: PT Penerbit IPB Press.Almana, A., & Abdulrahman A. Mirza. (2013). The Impact of Electronic Word of Mouth on Consumers Purchasing Decisions. International Journal of Computer Application .Arbaini, P., Wahab, Z., & Widiyanti, M. (2020). Pengaruh Consumer Online Rating dan Review Terhadap Keputusan Pembelian pada Penggunaan Marketplace Tokopedia. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 7 No 1 Hlm 25-33.Ardianti, A. N., & M.AB, D. W. (n.d.). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee .Ardyanto, D., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Pengaruh Kemudahan dan Kepercayaan Menggunakan E-commerce terhadap keputusan pembeliann online. Jurnal Administrasi Bisnis .Augusty, F. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Auliya, Z. F., Umam, M. R., & Prastiwi, S. K. (2017). Online Costumer Reviewa dan Rating: Kekuatan Baru pada Pemasaran Online di Indonesia . Jurnal EBBANK, Hal 89-98.Barnes, J. (2013). Secrets of Customer Relationship Management . Jakarta: Andi.Bilondatu, M. R. (2013). Motivasi, Persepsi dan Kepercayaan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Sepeda Motor Yamaha di Minahasa .Bilson, S. (2011). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama .Chakti, A. G. (2019). THE BOOK OF DIGITAL MARKETING . Makassar: Celebes Media Perkasa.Djatnika, T. (2006). Teori Keputusan Pembelian.Ebert, J.R, Griffin, & W.R. (2014). Pengantar Bisnis Edisi Kesepuluh.Fakri, A., Baihaqi I, & M Wibawa. (2016). Pengaruh Online Customer Review Rating terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian Pada Online Marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 5.Febriana, M., & E, Y. (2018). Pengaruh Online Consumer Review Rating Terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS,5.Filieri, R. (2014). What makes online reviews helpful? A diagnosticity-adoption framework to explain informational and normative influences in e-WOM. Journal of Business Research , 68.Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis dengan Program SPSS (Edisi kedelapan). Semarang: Badan Penerbir Universitas Diponegoro.Hawkins, M. &. (2016).Hendryadi, & Suryani. (2015). Metode Riset Kuantitatif : Teori dan Aplikasi pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.Hootsuite, W. a. (2020). Digital 2020 Indonesia.Hootsuite, W. a. (2021). Digital 2021 Indonesia.Istiqomah, Hidayat, Z., & Jariah, A. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Iklan dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian di situs Shopee di Koa Lumanjang . Progress Conference, Volume 2 .Joan, V. (2021, Januari 15). Retrieved from Compas.co.id: https://compas.co.id/article/penjualan-produk-kecantikan/Joan, V. (2021, Januari 15). Produk Kecantikan Tembus Transaksi 20 Miliar, Brand Lokal Favorit. Retrieved from Compas.co.id: https://compas.co.id/article/penjualan-produk-kecantikan/Kartajaya, H. (2014). WOW Marketing. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.Keller, & Kotler P. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I . Jakarta: Erlangga .Kotler, P., Kevin, & K.L. (2016). Marketing Management 16 Edition. New Jersey: Pearson.Lackermair, G., and K, D. K., & Kanmaz. (2013). Importance Of Online Product Reviews From A Consumer's Perspective.Latief, F., & Ayustira, N. (2020). Pengaruh Online Customer Review dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Sociola . Jurnal Mirai Management , Volume 6 No. 1 .Martono, N. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Pt Rajagrafindo Persada .McKnight. (2002). The Impact Of Initial Consumer Trust on Intetion to Transact with a Website: A Trusting Building Model. Jurnal Sistem Strategi Informasi .Melati, R. S., & Dwijayanti, R. (2020). PENGARUH HARGA DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CASE HANDPHONE PADA MARKETPLACE SHOPEE. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Volume 8 No 2 .Moe, W., & D.A, S. (2012). Online product opinions: incidence,evaluation, and evolution.Mutmainah, S. (2019). ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, PERSEPSI RISIKO, ELECTRONIC WORD OF MOUTH(E-WOM) dan ONLINE CUSTOMER REVIEW (OCR) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (Studi Kasus Pada Konsumen Shopee di Kota Kudus) . Jurnal Studi Manajemen Bisnis Universitas Muria Kudus.Ningsih, Eliska Sri Putri. (2019). Pengaruh Rating dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Marketplace Shopee. Balance Jurnal Ekonomi.Ningsih, Eliska Sri Putri. (2019). Pengaruh Rating dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Secara Online pada Marketplace Shopee. Balance Journal Ekonomi.Oktari, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan, E-service Quality, dan Kualitas Website Terhadap Keputusan Pembelian di Lazada Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosisal dan Politik Universitas Sumatera Utara Medan. The University Institutional Repository.Priansa, D. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.Satya, A. P. (2012). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Toko Buku Gramedia di Kota Semarang .Setianto. (2020). Statistik E-Commerce 2020. Indonesia: Badan Pusat Statistik.Situmorang, S. (2017). Riset Pemasaran. Medan: USU Press.Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Miced Methods) . Bandung: Alfabet.Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.Sukma, K. A., Nurcahya, I. K., & A. S. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Pembersih Wajah Mens's Biore. E-Jurnal Manajemen Unud.Sumanty, D. (2018). Hubungan Religiustitas dengan CItra Tubuh pada Wanita Dewasa Awal. Jurnal Psikologi Islam dan Budaya.Tussafinah, H. (2018). Pengaruh Rating dan Ulasan, Jaminan 1005 Pengembalian dan layanan COD atau Bayar di Tempat terhadap Keputusan Pembelian Lazada.UI Kotler, P, & Amstrong. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Fakultas Ekonomi.Wahyudi, T., R, B. H., & Sarmo, S. (2019). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN REMAJA KOTA MATARAM PADA PEMBELIAN PRODUK FASHION SHOPEE ONLINE SHOP . JRM VOL. 19 NO. 1 MARET 2019 .