PENGARUH SELEBRITI ENDORSER DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN REMAJA DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI PADA PRODUK FASHION 3SECOND DI KOTA PONTIANAK)

Main Author: admin, DHENDY EKSANDHI B1021171064
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen Update , 2022
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/52976
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSaat ini teknologi informasi khususnya internet sangat mempengaruhi bagaimana dunia pemasaran melakukan kegiatannya, bahkan pemanfaatan dalam menggunakan teknologi internet untuk marketing merupakan hal yang wajib dimanfaatkan. Berkembangnya teknologi informasi membawa dampak juga pada perkembangan produk fashion. Dampak tersebut dikarenakan produk fashion dan teknologi memiliki hubungan timbal balik yang erat. Dalam strategi bisnis, minat beli konsumen remaja pada produk fashion dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adanya tren fashion yang sedang terjadi pada saat itu juga sehingga mendorong konsumen untuk mengikuti gaya fashion yang sedang berlangsung saat itu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalis pengaruh selebriti endorser dan persepsi harga terhadap minat beli konsumen remaja pada produk fashion 3Second dengan citra merek sebagai variabel intervening di Kota Pontianak. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja yang berada di Kota Pontianak dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang di ambil dengan menggunakan metode Non probability sampling. Pengujian dilakukan dengan menganalisis hasil uji instrument, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, path analysis/ analisis jalur dan uji hipotesis menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan Selebriti endorser dan Persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Citra merek, Selebriti endorser dah Persepsi harga berpengaruh terhadap Minat beli. Sedangkan terdapat tiga hipotesis yang ditolak yaitu Citra merek tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat beli, Citra merek tidak berperan sebagai variabel yang memediasi pengaruh antara Selebriti endorser dengan Minat beli dan Citra merek tidak berperan sebagai variabel yang memediasi pengaruh antara Persepsi harga dengan Minat beli. Kata Kunci: Selebriti endorser, Persepsi harga, Citra merek dan Minat beli DAFTAR PUSTAKAAgrawal, J., & Kamakura, W. A. (1995). The Economic Worth of Celebrity Endorsers: An Event Study Analysis. Journal of Marketing, 59(3), 56.Ahmed Rageh Ismail. (2017). “The influence of perceived social media marketing activities on brand loyalty The mediation effect of brand and value consciousness”. Vol 29. Newcastle : Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics.Ananta, R. D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Citra Merek. July, 1–23.Anggi, V. F., & Soesanto, H. (2016). Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Selebriti Endorser Pada Promo Adaaqua Terhadap Minat Beli AMDK Merek Aqua Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening.Badan Ekonomi Kreatif & Outlook. 2019. Opus Creative Economy Outlook 2019 Indonesia Version, https://www.bekraf.go.id/ pustaka/page/89-opus creative-economy-outlook-2019-indonesia-version. Diakses pada 22 Desember 2021CNBC Indonesia. 2019. Gairah Industri Fashion Indonesia, https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190712155341-35 84555/gairah-industri-fashion-indonesia. Diakses 22 Desember 2021Dani Rachmat. 2019. Pengaruh Perkembangan Fashion di Kalangan Remaja, https://communication.binus.ac.id/2019/01/22/pengaruh-perkembangan fashion-di-kalangan-remaja. Diakses 22 Desember 2021Elsanti, D. A. (2018). Brand Image Sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention ( Studi Produk Maybelline di Universitas Brawijaya ) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Jurnal Ilmiah Universitas Brawijaya, 6(1), 1–16.Eui-Bang Lee, Sang-Gun Lee, Chang-Gyu Yang. (2017). “The influences of advertisement attitude and brand attitude on purchase intention of smartphone advertising”. Vol 117. Seoul : Industrial Management & Data Systems.Fleck, N., Korchia, M., & Roy, I. Le. (2012). Celebrities in Advertising: Looking for Congruence or Likability? Psychology & Marketing, 30(6), 461–469.Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Handayani, S. H. (2019). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention Dengan Brand image Sebagai Variabel Intervening Pada Kopi Instan Merek Caffino. 1–8.Ishak, A. (2008). Pengaruh Penggunaan Selebriti dalam Iklan terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Siasat Bisnis, 12(2), 71–88.Keel, A., & Nataraajan, R. (2012). Celebrity Endorsements and Beyond: New Avenues for Celebrity Branding. Psychology & Marketing, 30(6), 461– 469.Kotler, Philip dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Vol 13, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.Kotler, Philip dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Vol 13, Jilid 2. Jakarta : Erlangga.Kotler, Philip and Armstrong, Gary. (2012). Principles of Marketing, Vol 14. New Jersey : Prentice Hall International, Inc.Lee, Simon And Lawson- Body, Assion. (2011). Perceived Dynamic Princing. Journal Of Industrial Management & Data System.Li-Chun Hsu. (2017). “Investigating community members’ purchase intention on Facebook fan page: From a dualistic perspective of trust relationships”. Vol 117. Seoul : Industrial Management & Data Systems.Maria Sääksjärvi Katarina Hellén George Balabanis. (2016). “Sometimes a celebrity holding a negative public image is the best product endorser”. Vol 50. Vaasa : European Journal of Marketing.Nasution, M. F. R., & Yasin, H. (2014). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama Pt. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan.Naufal Savero Rakha Heda. (2017). “Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sampo Studi Kasus Pada Merek Clear”. Skripsi.Newman, G. E., Diesendruck, G., & Bloom, P. (2011). Celebrity Contagion and the Value of Objects. Journal of Consumer Research, 38(2), 215–228.Prawira, B., & Yasa, N. N. K. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951– 952., 2013–2015.Rumambi, N. S. dan L. J. (2013). Analisa Credibility Celebrity Endorser Model : Sikap Audience Terhadap Iklan dan Merek Serta Pengaruhnya Pada Minat Beli “ Top Coffee.” 1(2), 1–12.Sawyer, S.M., Azzopardi, P.S., Wickremarathne, D., & Patton, G. C. (2018). The age of adolescence, Melbourne: The Lancet Child & Adolescent Health.Sekaran, Uma dan Bougie, R. 2017. Metode Penelitian Untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan-Keahlian. Jakarta: Salemba Empat.Shimp, Terence. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Erlangga.Shimp, Terence. A. (2007). Advertising, Promotion, and Other Aspects of Integrated Marketing Communications, Vol 7. USA: Thomson Higher Education.Sigit, I. I. A. (2015). Analisis Pengaruh Suasana Toko, Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli dengan Citra Merek sebagai Variabel Mediasi.Sri Setyaningsih. (2020). Manajemen Pendidikan Melalui Analisis jalur (Path Analysis) dan Metode SITOREM. Bandung : ALFABETA.Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.Till, B. D., & Shimp, T. A. (1998). Endorsers in advertising: The case of negative celebrity information. Journal of Advertising, 27(1), 67–82.Ulum Yanuar Purwanto, Suharyono. (2018). “Celebrity Endorse terhadap Citra Merek dan dampaknya terhadap Keputusan Pembelian Survei Kepada Konsumen Malang Strudel di Outlet Singosari”. Vol 56. Malang: Jurnal Administrasi Bisnis.Venny Faradika Anggi, Harry Soesanto. (2016). “Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Selebriti Endorser Pada Promo AdaAQUA Terhadap Minat Beli AMDK Merek Aqua Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 di Jawa Tengah dan DIY)”. Vol 5. Semarang : Diponegoro Journal of Management.Wijaya, F.A & Sugiharto,S. (2015) “Pengaruh celebrity endorsement terhadap purchase intention dengan brand image sebagai variabel intervening(studi kasus iklan produk perawatan kecantikan ponds” Jurnal Manajemen Pemasaran Vol.9 No.1 hlm 16-22Zoha Rahman, Sedigheh Moghavvemmi, Kumaran Suberamanaian, Hasmah Zanuddin, Hairul Nizam Bin Md Nasir. (2018). “Mediating impact of fanpage engagement on social media connectedness and followers purchase intention”. Kuala Lumpur : Online Information Review.