PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN JINGLE IKLAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK MIE SUKSESS DI KALANGAN GENERASI MILENIAL DENGAN PENGUNGKAPAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Generasi Milenial di Kota Pontianak)

Main Author: admin, Izha Alfani B1021171022
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen Update , 2021
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/48794
Daftar Isi:
  • PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN JINGLE IKLAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK MIE SUKSESS DI KALANGAN GENERASI MILENIAL DENGAN PENGUNGKAPAN BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING(Studi Kasus pada Generasi Milenial di Kota Pontianak)Izha AlfaniABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh celebrity endorser dan jingle iklan terhadap minat beli produk mie suksess di kalangan generasi milenial dengan pengungkapan brand awareness sebagai variabel intervening. Data yang digunakan adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli Produk Mie Suksess. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden melalui teknik non probality sampling. Dalam penelitian ini, non probability sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Path Analysis dengan menggunakan SPSS for windows versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness, (2) jingle iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness, (3) brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, (4) celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, (5) jingle iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, (6) brand awareness memediasi pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli, dan (7) brand awareness memediasi pengaruh jingle iklan terhadap minat beli. Kata Kunci: Celebrity Endorser, Jingle Iklan, Brand awareness, dan Minat Beli DAFTAR PUSTAKA Algiffary, M. A., Wahab, Z., Shihab, M. S., & Widiyanti, M. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser, Online Advertising dan Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Tokopedia. AMAR (Andalas Management Review), 4(2), 16–31. Apejoye, A. (2013). Influence of Celebrity Endorsement of Advertisement on Students’ Purchase Intention. Journal of Mass Communication & Journalism, 03(03). Assael, Henry. (2001). Consumer Behavior. Edisi keenam. New York: Thomson Learning. Belch & Belch. (2009). Advertising and Promotion Eight Edition: An Integrated Marketing Communications Perspective. New York: McGraw-Hill. Chi, H. K., Yeh, H. R., & Yang, Y. T. (2009). The impact of brand awareness on consumer purchase intention: The mediating effect of perceived quality and brand loyalty. The Journal of International Management Studies, 4(1), 135–144. Durianto, D., Sitinjak, T. (2004). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama Fadhilla, Z. R., & Hidayat, R. (2018). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Minat Beli Smartphone Merek Iphone Pada Konsumen Generasi “Z” Tahun 2018. E-Proceeding of Applied Science, 4(3), 1027-1033. Ferdinand, A.T. (2006). Metode Penelitian Managemen : Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis Dan Disertasi. Semarang: Bp Undip Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan penerbit Universitas Diponegoro. Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Ghozali, I. (2016), Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hamid, Z. F., & Hartati, T. (2013). Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser dan Jingle Dalam Iklan Televisi Mentari (Indosat) Terhadap Brand Awareness Pada Karyawan Di Lingkungan Beji Depok. Epigram, 10(2), 80-88.Hardiman, Ima. (2006). 400 Istilah PR, Media dan Periklanan. Jakarta: Gagas Ulung Internasional. Jalilvand, M. R., Samiei, N., & Mahdavinia, S. H. (2011). The Effect of Brand Equity Components on Purchase Intention : International Business and Management, 2(2), 149–158. Keller, Kevin Lane. (2003). Best Practice Cases in Branding : Lessons from the World’s Strongest Brand. New Jersey: Prentice Hall Knapp, Duane E. (2002). The Brand Mindset. Diterjemahkan oleh Sisnuhadi, Yogyakarta: Andi Offset Kotler, Philip and K. L. Keller. (2006). Marketing Management. 12th ed. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall, Inc Kotler, Philip & Keller. (2008). Manajemen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Mowen, J. C., dan Minnor, M. (2002). Perilaku Konsumen Jilid 2. Jakarta : Erlangga. Mubarok, D. A. A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Konsumen Mahasiswa Kelas Reguler Sore STIE INABA Bandung). Jurnal Indonesia Membangun, 3(1), 61–76. Priyatno, D. 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media. Rahmadina, N., & Lilis, D. (2016). Kajian Hubungan Antara Jingle Iklan Televisi “Mastin Ekstrak Kulit Manggis” dengan Brand Awareness Produk Pada Mahasiswa. Prosiding Manajemen Komunikasi, 2(1). Rangkuti, Freedy. (2004). Strategi Promosi yang Kreatif dari analisis kasus IMC. Jakafta. Gramedia Pustaka Utama Restanti, FA, A. K.-J. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 68(1), 28–37. Rizky, N. P. N., Komariah, K., & Mulia, F. (2020). Analisis Kredibilitas Celebrity Endorser Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Awareness. Syntax Idea, 2(7), 240. Salomon, Michael R. (2004). Consume Behavior: Buying, Having And Being. New Jersey:Pearson EducationSantoso, D. A., Erdiansyah, R., & Pribadi, M. A. (2019). Pengaruh Brand Awareness dan Brand Image terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Innisfree. Prologia, 2(2), 286. Santoso, Singgih. (2012). Aplikasi SPSS pada Statistik Parametrik. Jakarta: Gramedia. Sarwono, J. (2007). Analisis Jalur Untuk Riset Bisnis dengan SPSS, Edisi 1. Penerbit Andi. Yogyakarta. Savitri, N. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Iklan Melalui Media Televisi Terhadap Minat Beli Pada Tokopedia Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(8), 253221. Schiffman, Leon dan Kanuk, Leslie Lazar. (2008). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks. Shahid, Z., Hussain, T., & Zafar, F. (2017). The Impact of Brand Awareness on the Consumers’ Purchase Intention. Journal of Accounting & Marketing, 06(01). Shimp, A, Terence. (2003). Periklanan Promosi. Jakarta: ErlanggaSoehadi, Agus W.. (2005). Effective Branding: Konsep Dan Aplikasi Pengembangan Merek Yang Sehat Dan Kuat. Bandung: PT. Mizan Pustaka Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suharmono, B. H. K. (2015). Analisis Pengaruh Promosi, Word of Mouth, Dan Brand Awareness Terhadap Pembentukan Minat Beli Pada Coffee Groove Semarang. Diponegoro Journal of Management, 4(1), 2337–3792. Sulistyari, Ikanita Noviina. (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk,dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame (Studi Kasus Mahasiswi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Diponegoro, Semarang). Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Sumarwan, Ujang. (2003). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Cetakan Pertama, Jakarta: Ghalia Indonesia. ul Hassan, S. R., & Jamil, R. A. (2014). Influence of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Intention for Existing Products: A Comparative Study. Journal of Management Info. Uma Sekaran, (2006). Metode Penelitiaan Bisnis. Jakarta: Salemba Empat. Wells, Burnett; Moriarty. (2003). Advertising Principles and Practice. cet VI, Prentice Hall Wicaksono, M. P. A., & Seminari, N. K. (2016). Pengaruh Iklan dan Word Of Mouth Terhadap Brand Awareness Traveloka. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana,5(8). Winata, A., & Nurcahya, I. (2017). Pengaruh Iklan Pada Media Televisi Terhadap Minat Beli (Studi Pada Calon Konsumen Bukalapak.com Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(10), 254826. Zhao, et al (2010). Reconsidering Baron and Kenny : Myths and Truths About Mediation Analysis. Journal Of Consumer Research, August 2010, Vol.37, p.197 – 206. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh celebrity endorser dan jingle iklan terhadap minat beli produk mie suksess di kalangan generasi milenial dengan pengungkapan brand awareness sebagai variabel intervening. Data yang digunakan adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli Produk Mie Suksess. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden melalui teknik non probality sampling. Dalam penelitian ini, non probability sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Path Analysis dengan menggunakan SPSS for windows versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness, (2) jingle iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness, (3) brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, (4) celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, (5) jingle iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, (6) brand awareness memediasi pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli, dan (7) brand awareness memediasi pengaruh jingle iklan terhadap minat beli. Kata Kunci: Celebrity Endorser, Jingle Iklan, Brand awareness, dan Minat Beli