PENGARUH E-WOM, HARGA, NEGARA ASAL DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Pada Followers Samyang Food Indonesia Varian Halal Di Instagram)

Main Author: B1021161081, Vina Marchela Ariesandy Putri
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen Update , 2020
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/43946
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E-WOM, Harga, Negara Asal dan citra merek terhadap Keputusan Pembelian. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 200 responden yang Mengunjungi Instagram Samyang Food dan Melakukan Pembelian Melalui Aplikasi Instagram.Variabel endogen (Y) dari penelitian ini adalah Keputusan Pembelian. Variabel eksogen (X) meliputi: electronic word of mouth (X1) dan Harga (X2) Negara Asal (X3) dan Citra Merek (X4). Model analisis data yang digunakan adalah Analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Harga (X2), Negara Asal (X3) dan Citra Merek (X4) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), Sedangkan E-WOM (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). kemampuan keempat variabel dalam menjelaskan pengaruhnya terhadap perilaku keputusan pembelian adalah sebesar 60,8% sedangkan sisanya sebesar 39,2 % dijelaskan oleh faktor lain diluar model penelitian. Kata Kunci : E-WOM , Harga, Negara Asal, Citra Merek, Keputusan Pembelian DAFTAR PUSTAKAAaker, David A 2013. Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan Salemba Empat. Jakarta. Ating Somantri dan Sambas Ali Muhidin 2006, Aplikasi Statistika dalam Yogyakarta : Pustaka Setia. Basu Swastha Dharmmesta dan Handoko, Hani 2003. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakata : BPFE. Bhakar, S.S, Shailja Bhakar, and Shilpa Bhakar. 2013. Relationship Between Country of Origin, Brand Image, And Cutomer Purchase Intentions. Far East Journal Psychology and Business, Vol. 10, No. 2, Feb 2013, pp.25-47. Bickart, B. & Schindler, R. (2001). Internet Forums as Influential Sources of Consumer Information. Journal of Interactive Marketing, 15, 31-40. Chung, Jae Eun, Dawn Thondirke Pysarchik, and Sun Jin Hwang. 2009. Effects of Country-of-Origin and Brand Image on Korean Consumers’ Purchase Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 25 No. 1 Agustus 2015| 10 administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.idIntention. Journal of Global Marketing, Vol. 1, No. 22, Januari 2009, pp.21-41. Duwi Priyatno, 2010. Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data penelitian dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Gaya Media, Yogyakarta. Goyette, et al, (2010), E- Wom : Word of Mouth Measurement Scale for E Service Context, Journal of Administrative Sciences, Volume 27: 5-23. Ghozali, Imam. 2011.” Aplikasi analisi Mulivariate dengan program IBM SPSS 19’’. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Hennig-Thurau, T.; K. P. Gwinner; G. Walsh dan D.D. Gremler. (2004). Electronic Word-of-Mouth via Consumer-Opinion Platforms: what motivates consumer to articulate themselves on the internet. Journal of interactive Marketing, Vol 18/I/2004, 38-5. Huang, Jen Hung, Teng Tai Hsiao, dan Yi Fen Chen. 2012. “The Effect of Electronic Word of Mouth on Product Judgment and Choice: The Moderating Role of The Sense of Virtual Community”. Journal of Applied Social Psychology. Vol. 42, hal 2326-2347. Jalilvand, Mohammad Reza dan Neda Samiei.2012. The Effect of Electronic Word of Mouth on Brand image and Purchase Intention: An empirical study in theautomobile industry in Iran. Marketing Intelligence & Planning. Vol. 30 Iss:4. Kaplan, Andreas M & Michael Haenlein. (2010). Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53,hlm 59-68. Keegan, Warren J. dan Mark C. Green. 2013. Global Marketing. Harlow: Pearson. Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Kotler, P. and Keller, K.L. (2009), Manajemen pemasaran jilid 1 dan 2, edisi ketiga belas, Terjemahan Bob Sabran, MM. Jakarta : Erlangga. Kumoro, Dimas PA. (2015). Pengaruh Dimensi Electronic Word of Mouth Terhadap Faktor-faktor Pembentuk Brand Image. (Studi Kuantitatif pada Konsumen Produk Ultra Ripped di Twitter). Lee, J., Park, D.-H. & Han, I. (2008). The effect of negative online consumer reviews on product attitude: An information processing view. Electronic Commerce Research and Applications, 7(3), 341. Lee, M.and Youn,S.(2009), Electronic word of Mouth (eWOM) How eWOM platform influence consumer product judgment “,Internasional Journal of advertising,Vol .28 No.3, pp.473-499. Listiana, Erna. 2014. Pengaruh Country of Origin terhadap Perceived Quality Dengan Moderasi Etnosentris Konsumen. Jurnal Administrasi Bismis: FISIP UNPAR, Vol 8, No. 1, 28-29. Natalia, Putu Ayu S, (2008). Analisis Pengaruh Pelayanan, Fasilitas, Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Hotel Siliwangi Semarang. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang. Park, D.H. & Kim, S., (2008). “The Effects of Consumer Knowledge on Message Processing on Electronic Word-of-Mouth via Online Consumer Reviews.Electronic Commerce Research and Applications,7, pp.399-410. Simamora, Henry, (2004), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga, Cetakan Pertama, Bagian Penerbitan STIE YKPN, Yogyakarta. Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta:PT.Indeks. Sekaran, Uma. 2006. Research Methods For Business: Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Penerbit Salemba Empat. Sugiyono, (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV. Tjiptono, (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset. Xia, L. & Bechwati, N. (2008). Word of Mouse: The Role of Cognitive Personalization in Online Consumer Reviews. Journal of Interactive Marketing, 9(1),103. Xu,Q.(2014), Should I trust him? The Effect of review profile characteristics On eWOM creadibility, “ Computers in Human Behavior,Vol 33,pp.136-144. Zhu,F.and Zhang,X.(2010),”impact of online consumer review on sale The moderating role of product and consumers characteristisc,”jounal of marketing, Vol.28 No 2,pp.133-148. Sumber Online Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII).(thn.).Profil pengguna Internet Indonesia 2019,www.apjii.or.id/conten/read/39/27/PROFIL-PENGGUNAINTERNET-INDONESIA2018http://megapolitan.kompas.com/read/2017/07/10/16590771/cara.bedakan .mi.samyang.mengasndung.dna.babi.dan.samyang.halalhttp://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/05/16/pengguna-internet-di-indonesia-2018-bertambah-28-jutahttp://katadata.co.id/berita/2019/05/16/survei-apjii-penetrasi-pengguna-internet-di-indonesia-capai-648http://www.cnnindonesia.com:http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/2016101506064-262-165660/dalam-sehari-9210-bungkus-mi-samyang-terjual-di-indonesia/http://Kompasiana.com,2018,tentang.gaya.hidup.masyarakathttp://www.republika.co.id/r/oz2013,mie.samyang.kini.kantongi.label.halal.MUI/Republika.online http://bp.quide.id/2018,Viralnya.varian.mie.instan.samyangdankehalalanyahttp://id.wikipedia.org/wiki/mie_samyang,2019