PENGARUH KELENGKAPAN PELAPORAN KEUANGAN MELALUI INTERNET DAN TINGKAT PENGUNGKAPAN INFORMASI WEBSITE TERHADAP FREKUENSI PERDAGANGAN SAHAM (STUDI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI LQ-45)

Main Author: Kumala Dewi, Siti B1021151058
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen Update , 2020
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/39417
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelengkapan pelaporan keuangan melalui internet dan tingkat pengungkapan informasi website terhadap frekuensi perdagangan saham pada perusahaan yang termasuk dalam indeks LQ-45 di Bursa Efek Indonesia. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu pelaporan keuangan melalui internet dan tingkat pengungkapan informasi website. Variabel dependen yaitu frekuensi perdagangan saham. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 71 perusahaan termasuk dalam indeks LQ-45 di BEI. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 26 perusahaan termasuk dalam indeks LQ-45 di BEI. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan (1) pelaporan keuangan melalui internet berpengaruh positif dan signifikan terhadap frekeunsi perdagangan saham (2) Tingkat pengungkapan informasi website berpengaruh positif dan signifikan terhadap frekuensi perdagangan saham, (3) pelaporan keuangan melalui internet dan tingkat pengungkapan informasi website secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap frekuensi perdagangan sahamKata Kunci: Pelaporan keuangan melalui internet, Informasi website, Frekuensi perdagangan saham DAFTAR PUSTAKAAbdelsalam, O.H., S. M., Bryant, dan D. L Street. (2007). An Examination of the Comprehensiveness of Corporate Internet Reporting Provided by London Listed Companies. Journal of Internasional Accounting Research, 6 (2), 1-33.Agustinus, Gumanti, T. A., Mufidah, A., & Tuhelelu, A. (2013). Volume Perdagangan, Frekuensi Perdagangan, Order Imbalance dan Volatilitas Harga Saham. Jurnal Universitas Paramadina, 10 (2).Ashbaugh, Hollis, Karla M. Johstone, dan Terry D. Warfield (1999). Corporate Reporting on the Internet. Accounting Horizons, 13 (3), 241-257.Easley, E. and O’Hara, M.(2004). “Information and the Cost of Capital”. Journal of Finance. No. 59. 1553- 1584.Elvina dan Murtanto. (2005). Pengaruh Karakteristik Perushaan Terhadap Pengungkapan Sukarela dalam Laporan Tahunan Perushaan yang Terdaftar di BEI. Universitas Tri Skati : JakartaFama, Eugene F. (1970) Efficient Market:A Review of Theory and Empirical Work. Journal Of Finance. 25 (2), 283-417.Financial Accounting Standards Board (FASB) dalam Statement of Financial Concept (SFAC) No. 1Fitriana, Meinar Rakhma. (2009). “Analisis Pengaruh Kompetisi dan Karaktristik perusahaan terhadap Luas Pengungkapan Informasi Keuangan dalam website Perusahaan”. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.Gumantri, Tatang Ary & Utami, Elok Sri. (2002). Bentuk Pasar Efisien dan Pengujiannya. Jurnal Akuntansi & Keuangan. 4 (1), 54-68.Hargyantoro, Febrian. (2010). Pengaruh Internet Financial Reporting dan Tingkat Pengungkapan Informasi Website Terhadap Frekuensi Perdagangan Saham Perusahaan. Skripsi dipublikasikan Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.Hidayah, N. (2017). Pengungkapan Informasi Keuangan Melalui Website Perusahaan Food and Baverage yang Terdaftar di BEI. Thesis Universitas Muhammadiyah SurakartaJogiyanto. (2000). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. BPFE. YogyakartaKeumala, N. N. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pelaporan Keuangan Perusahaan Melalui Website Perusahaan. Skripsi Universitas Diponegoro. Kumalasari, Carissa. Gama, Agus Wahyudi Salasa dan Suarjana, I Wayan. (2016).Pengaruh Internet Financial Reporting Dan Tingkat Pengungkapan Informasi Berbasis Website Terhadap Frekuensi Perdagangan Saham Perusahaan. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati Denpasar.Lai, Syou-Ching, Cecilia Lin, Hung-Chih Li, Frederick H. Wu (2009). An Empirical Study of the Impact of Internet Financial Reporting on Stock Prices. The International Journal Of Digital Accounting Research, 10, pp.1-26.Leftwich, R. W., Watts, R. L., Zimmerman, J. L. (1981). “Volountary Corporate Disclosure: The Case of Interim Reporting”. Journal of Accounting Research 19 (supplement): 50- 77.Lestari, H. S., & A, Chariri. (2007). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pelaporan Keuangan Melalui Keuangan Melalui Internet IFR Dalam Website Perusahaan. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.Mooduto, W. I. S. (2013). Reaksi Investor Atas Pengungkapan Internet Financial Reporting. Jurnal Reviu Akuntansi Dan Keuangan, 3 (2), 2088-0685.Patoni, A., & Lasmana, A. (2015). Pengaruh Harga Saham dan Frekuensi Perdagangan Saham terhadap Bid-Ask Spread (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Melakukan Stock Split di Bursa Efek Indonesia selama periode 2009-2014. Jurnal Akunida, 1 (2), 2442-3033.Pedoman Penulisan Karya Akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Tahun 2017.Prasetyaningsih, I. S. (2018). Pengaruh Internet Financial Reporting (IFR) terhadap Frekuensi Perdagangan Saham Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016. Skripsi Universitas Sanata DharmaPriyatno, Dwi. (2008). Mandiri Belajar SPSS - Bagi Mahasiswa dan Umum, Yogyakarta: MediaKom.Putri, Aulia Chandra Ayu Liana Putri. (2008). “Faktor- Faktor yang mempengaruhi Pencantuman Pelaporan Keuangan di website Perusahaan (Internet Financial Reporting)”.Skripsi Tidak Dipublikasikan , Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas DiponegoroSari, Ratna Chandra dan Zuhrotun. (2006). “Keinformatifan Laba Di Pasar Obligasi dan Saham: Uji Liquidation Option Hypothesis”. Simposium Nasional Akuntansi 9, Padang.Soepriyanto, G., & Dustinova. (2012). Faktor Penentu Pengungkapan Informasi Laporan Keuangan Melalui Laman Internet:Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Binus Business Review, 3 (1), 286-301.Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta, CV.Sukanto, Eman. (2011). Pengaruh Internet Financial Reporting dan Tingkat Pengungkapan Informasi Website Terhadap Frekuensi Perdagangan Saham Perusahaan di Bursa. Jurnal Fokus Ekonomi. 6 (2), 80-98Suwardjono. (2010). Teori Akuntansi:Pengungkapan dan Sarana Interpretatif. Edisi ketiga. BFE, Yogyakarta.Taslim, A., & Wijayanto, A. (2016). Pengaruh Frekuensi Perdagangan Saham, Volume Perdagangan Saham, Kapitalisasi Pasar dan Jumlah Hari Perdagangan terhadap Return Saham. Management Analysis Journal, 5 (1), 2252-6552.www.idx.co.idwww.sahamok.com