PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BEI)

Main Author: B1021151066, SANDY SONY LUMALAN
Other Authors: TANJUNGPURA UNIVERSITY
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen Update , 2019
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/36605
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/downloadSuppFile/36605/3574
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang dan Konsumsi Yang Terdaftar di BEI. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu Return on Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), dan Ln ( Total Aset ), sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini yaitu Tobins’Q. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode analisis regresi data panel dengan Uji F, Uji t, dan determinasi R square, statistik deskriptif, dan juga uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas. Populasi dalam penelitian ini adalah 37 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 26 perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) profitabilitas (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, (2) leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dan (3) ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Secara simultan seluruh variabel independen dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Kemudian hasil estimasi regresi menunjukkan kemampuan prediksi dari 4 variabel independen tersebut terhadap nilai perusahaan sebesar 70%, sedangkan sisanya 30% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model yang tidak dimasukan dalam analisis ini. Kata kunci : Profitabilitas (ROA), Leverage (DER), Ukuran Perusahaan (LN TOTAL ASET), Nilai Perusahaan ( TOBIN’S Q).DAFTAR PUSTAKAAriefianto, Moch Doddy (2012). Ekonometrika Esensi dan Aplikasi Dengan Menggunakan Eviws. Jakarta: Penerbit Erlangga.Brigham dan Houston. 2010. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Essentials Of Financial Management. Buku 1. Edisi 11. Salemba Empat. Dwi Rachamawati, Dahlia Br Pinem. 2015. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia Tahun 2012-2014. E-Jurnal Akuntansi Universitas Pembangunan Veteran Jakarata. (Vol 18, No 1).Erawati, Sukma. 2014. Pengaruh EPS,Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI tahun 2009-2014. Jurnal Akuntansi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. (Vol 2, No 2). ISSN : 2540-9646.Fahmi, Irham. 2015. Pengantar Manajemen Keuangan. Cetakan Ke-2. Bandung: Alfabeta.Gustin Dani. 2017. Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Keputusan Investasi, dan Keputusan Pendanaan terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi.(Vol.5, No 1). Habibiibulloh, Taufiiq. 2018. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Likuiditas, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hanafi M Mamduh dan Halim Abdul. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Ke Empat. UPP STIM YKPN.Harjito, Agus dan Martono. 2012. Manajemen Keuangan. Edisi Ke-2. Rajawali. Ekonisia, Jakarta.Hartini Sri. 2017. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.Hasania Zuhria, Murnia Sri, dkk. 2016. Pengaruh Current Ratio, Ukuran Perusahaan, Struktur Modal, dan ROE terhadap Nilai Perusahaan Farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014. Jurnal Berkala Ilmiah Efiesiensi. (Vol 16 No 03).Hidayah Norma, dan Widyawati, 2016. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan Food and Beverages. Jurnal Ilmu Riset dan Akuntansi. (Vol 1, No 9). ISSN : 2460-0585.Kasmir, 2015. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.Novari Mikhy Putu dan Lestari Vivi Putu. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan , Leverage, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Properti dan Real State. E-Jurnal Manajemen Unud. (Vol 5, No 9) 2016: 5671-5694. ISSN : 2302-8912.Pedoman Penulisan Karya Akhir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Tahun 2017.Rakasiwi Wily Faradilla, Pranaditya Ari. 2017. Pengaruh EPS, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Sales Growth dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan pada Industri Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2015. Jurnal dan Riset Manajemen Unud. (Vol 5, No : 3).Riyanto, B. 2012. Dasar-Dasar Pembelajaran Perusahaan. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.Sambora, Mareta Nurjin. 2016. Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di BEI Periode 2009-2012. Jurnal Administrasi Bisnis. (Vol 8,No 2).Sari Indah Ayu Roosiana, Priyadi Patuh Maswar. 2016. Pengaruh Leverage, Profitabilitas, dan Growth Opportunity terhadap Nilai Perusahaan Transportasi. Jurnal Ilmu Manajemen. (Vol 5, No 10). ISSN : 2461-0593.Sartono, Agus. 2014. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi Keempat. Yogyakarta: BPFE.Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabet.Widarjono, Agus. 2017. Ekonometrika Pengantar dan Aplikasinya disertai panduan Eviews, Edisi Keempat. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.www.idx.co.idwww.detik.comwww.sahamok.comwww.garuda.ristekikti.go.id