Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya pada Minat Beli Ulang (Studi Kasus: Minuman Kekinian Dum-Dum Thai Tea di Kota Pontianak)

Main Author: B1021141047, annisa hasanuddin
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen Update , 2019
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/31379
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya pada Minat Beli Ulang (Studi Kasus: Minuman Kekinian Dum-Dum Thai Tea di Kota Pontianak). Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pelanggan yang pernah membeli minuman Dum-Dum Thai Tea di Kota Pontianak lebih dari dua kali yang berumur minimal 17 Tahun. Pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling, dengan jumlah sampel sebesar 100 orang. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis (analisis jalur).Hasil penelitian pada substruktur pertama menujukkan bahwa kualitas produk, citra merek dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan citra merek, harga dan minat beli ulang berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli ulang, sementara kualitas produk terhadap minat beli ulang tidak berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap minat beli ulang. Kepuasan pelanggan berperan sebagai variabel yang mempengaruhi hubungan antara variabel kualitas produk, citra merek dan harga dengan variabel minat beli ulang.This research aims to find out and analyse the influence of product quality, brand image, and price on customer satisfaction and its impact on repurchase interest. The type of this research using a quantitative approach. The population in this research are all customers who had bought drink Dum-Dum Thai Tea in Pontianak City more than twice who is at least 17 years old. The sampling technique used is a non probability sampling technique with a purposive sampling method. The total sample of 100 responden. Data analysis method which used in this research is path analysis. The results of the research on the first substructure show that the quality of the product, brand image, and price influence have a positive and significant effect on customer satisfaction and brand image, price, and repurchase interest have a positive and significant effect on interest in repurchasing, while the quality of the product against buying interest is not negative and insignificant effect on repurchasing interest. Customer satisfaction acts as a variable that affects the relationship between quality variables product, brand image and price with repurchase intention variables. Keywords: the quality of the product, brand image, customer satisfaction, repurchase interest. Kata Kunci: kualitas produk, citra merek, harga, kepuasan pelanggan, minat beli ulang.Abdul Basith, Srikandi Kumadji dan Kadarisma Hidayat. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan De’ Pancake and Waffle di Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.11 No.1. Juni.Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.Ade Syarif Maulana. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi. Vol. 7 No. 2.Adisasmita, Raharjo. 2013. Teori-Teori Pembangunan Ekonomi. Yogyakarta: Graha Ilmu.Ali Hasan. 2008. Manajemen Pemasaran dan Marketing. Bandung : CV. Alfabeta.Ali Hasan. 2013. Marketing. Cetakan Pertama, Media Pressdindo Yogyakarta.Angipora Marius P. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.Aprillia Nia Fardiani. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dyriana Bakery & Cafe Pandanaran Semarang. Semarang. Universitas Diponegoro.Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.Augusty, Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Ayu Lutfiana Astri, Saryadi, Andi Wijayanto, (2011), ”Jurnal Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Antara Terhadap Loyalitas Konsumen Air Minum Merek Aqua”, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis FISIP Universitas Diponegoro, Semarang. Babin, Ki Lee’&’ Ju Kim, Griffin. (2005). Modeling Consumer Satisfaction and Word of Mouth : Restaurant Patronage in Korea. The Journal of Services Marketing; 2005; 19, 3; ABI/INFORM Global.Badri. M. 2011. Corporate and Marketing Communication. Jakarta : Pusat Studi Komunikasi dan Bisnis Program Pasca Sarjana Universitas Mercu Buana.Bahar dan Sjaharuddin. 2015. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Minat Beli Ulang pada McDonald’s Alauddin Makassar. Jurnal Organisasi dan Manajemen. Vol.3 : Hal.14-34. Buchari Alma. 2010. “Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa”. Bandung: Alfabeta.Bungin. Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Prenadamedia.Cynthia Violita Wijaya. 2017. “Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudy”. AGORA. Vol.5, Hal.1-8.Danang, sunyoto. (2012). Dasar-dasar manajemen pemasaran. Cetakan Pertama.Dita Putri Anggraeni, (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan. Edisi III. Yogyakarta. Andi. Edition. Mc Graw Hill.Fandy Tjiptono, dan Gregorius Chandra. 2011. “Service, Quality and Satisfaction”.Fang, Y.H., C.M. Chiu, dan E.T.G. Wang. 2011. “Understanding customers’ satisfaction and repurchase intentions An integration of IS success model, trust, and justice.” Internet Research, Vol. 21,No. 4, pp. 479 – 503.Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS”. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.Hartono, Jogiyanto. 2014. “Metode Penelitian Bisnis”. Edisi Ke-6. Yogyakarta.Universitas Gadjah Mada.Hermanto, Cahyadi. 2012. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Fast Food Ayam Goreng Tepung Di Kalangan Mahasiswa Universitas Kristen Petra Surabaya”. Hal.561-573.Ibnu, Widiyanto, 2008. Pointers: Metodologi Penelitian. Semarang: BP UndipJahanshahi, Gashti, Mirdamadi, Nawaser, Khaksar. 2011. “Study the Effects of Customer Service and Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty in Pune Tata indica car”. International Journal of Humanities and Social Science. Vol.1 : NO.7. Hal.253-260.Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta:Erlangga.Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13.Jilid 1. Jakarta:Erlangga.Liangan. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang Produk Elektronik Pada Toko Sinar Mutiara Gorontalo. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.32.No.1 Hal.22-38.Madura, Jeff. 2011. Pengantar Bisnis. Buku 1. Jakarta : Salemba Empat.Mulyono, Bayu Hadyanto,dkk. 2007. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen studi Perumahan Puri Mediterania Semarang. Journal Studi Management dan Organisasi. Vol.4 : No.2.Nilsson, Wall. 2012. “Online Customer Experience, Satisfaction and Repurchase Intention for Online Clothing Retailing”. International Journal of Bussines and Social Science. Vol.3 : No.23. Hal.123-129.Novia Wijayanti Putri. 2016. “Peningkatan Kepuasan Pelanggan melalui Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi pada Olive Fried Chicken Semarang”. Hal.1-11.Paul Peter, J., Olson, Jerry C. (2002). Consumer Behavior & Marketing Strategy. 6th.Pradana, Mahir. 2017 “Klasifikasi Bisnis E-Commerce di Indonesia.” Modul Vol.27, No.2, Hal.163-174.Praja. 2016. Studi tentang Minat Beli Ulang Konsumen Kopi Kapal Api ( Pada Konsumen Kopi Kapal Api di Bondowoso). Jurnal Ekonomi Abdurachman Saleh Situbondo. Hal. 144-157. Pratama, A.R. 2014. Analisis Pengaruh Citra Merek, Daya Tarik Iklan dan Harga Terhadap Minat Beli Smartphone Nokia Lumia (Studi kasus: Pada Konsumen Smartphone di Kota Semarang). Jurnal. Manajemen Pemasaran. Vol.5. No.1. April 2014:15-40.Primadiawan. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan BUS PO EKA”. [skripsi]. Yogyakarta (ID). Universitas Santa Dharma.Purba, Daniela Anggita Kristi. 2015. “Peran Brand Community dalam Pembentukan Minat Beli Ulang Konsumen” . Jurnal Aplikasi Manajemen 1 (januari). Hal.17-24.Dampaknya terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi pada Blends Pasta & Chocolate Cabang Unika Semarang)”. Diponegoro Journal Of Management. Vol.6 : No.2. Hal.1-10.Ramadhan, Santosa. 2017. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang pada Sepatu Nike Running di Semarang melalui Kepuasan Pelanggan sebagaiVariabel Intervening”. Diponegoro Journal of Management. Vol.6 : No.1 Hal. 1-12.Rangkuti,F. 2002. The power of Brand. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.Ranjbarian, Sanayei, Kaboli, Hadadian. 2012. “An Analysis of Brand Image, Percived Quality, Customer Satisfaction and Re-purchase Intention in Iranian Department Stores”. International Journal of Bussines and Management. Vol.7 : No.6. Hal.40-48.Razak, Nirwanto, Triatmanto. 2016. “The Impact of Product Quality and Price on Customer Satisfaction with the Mediator of Customer Value”. Journal of Marketing and Consumer Reasearch. Vol.30. Hal.59-68. Saraswati, Kumadji, Abdillah. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survey pada pelanggan Coffee shop Starbucks di Surabaya dan Kuala Lumpur. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.14 : No.1. Hal.1-8.Shaharudin. M.R, Mansor, S.W. & Elias. S.J. 2011. “Food Quality Attributes among Malaysia’s Fast Food Customer”. International Business and Mnagement, Vol.2. No.1.Shahroudi, Safoura. 2014. “The Impact of Brand Image on Customer Satisfaction and Loyalty Intention ( Case Study: Consumer of Hygiene Products)”. International Journal of Engineering Innovation & Research. Vol.3 Hal.57-61.Siregar, Syofian. 2012. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : PT Bumi Aksara.Solimun, 2011. Analisis Variabel Moderasi dan Mediasi. Program Studi Statistika FMIPA Universitas Brawijaya. Malang.Sudrahad, Gilang.2014. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang (Kasus pada Buck Store di Semarang)”. Semarang : Universitas Diponegoro.Sugiyono. 2012. “Metode Penelitian Bisnis”. CV. Alfabeta : Bandung.Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : UNY Press.Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. CV Andi Offset, Yogyakarta.Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Jasa. CV Andi Offset, Yogyakarta.Tri Astuti. 2016. “Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi kasus pada Pelanggan Hest’in Modiste di Jakarta). Diponegoro Journal Of Management. Vol.5 : No.2. Hal.1-6.Wahyuningtyas. 2016. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga TerhadaSaraswati, Kumadji, Abdillah. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survey pada pelanggan Coffee shop Starbucks di Surabaya dan Kuala Lumpur. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol.14 : No.1. Hal.1-8.Shaharudin. M.R, Mansor, S.W. & Elias. S.J. 2011. “Food Quality Attributes among Malaysia’s Fast Food Customer”. International Business and Mnagement, Vol.2. No.1.Shahroudi, Safoura. 2014. “The Impact of Brand Image on Customer Satisfaction and Loyalty Intention ( Case Study: Consumer of Hygiene Products)”. International Journal of Engineering Innovation & Research. Vol.3 Hal.57-61.Siregar, Syofian. 2012. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : PT Bumi Aksara.Solimun, 2011. Analisis Variabel Moderasi dan Mediasi. Program Studi Statistika FMIPA Universitas Brawijaya. Malang.Sudrahad, Gilang.2014. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang (Kasus pada Buck Store di Semarang)”. Semarang : Universitas Diponegoro.Sugiyono. 2012. “Metode Penelitian Bisnis”. CV. Alfabeta : Bandung.Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta.Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : UNY Press.Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. CV Andi Offset, Yogyakarta.Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Jasa. CV Andi Offset, Yogyakarta.Tri Astuti. 2016. “Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Minat Beli Ulang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi kasus pada Pelanggan Hest’in Modiste di Jakarta). Diponegoro Journal Of Management. Vol.5 : No.2. Hal.1-6.Wahyuningtyas. 2016. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada bisnis Franchise Minuman Mang Endi Milkshake. Jurnal Kajian Bisnis. Vol. 24 : No. 2, Hal.144-153.Wicaksono dan Ihalauw. 2005. Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Klien dan Dampaknya pada Preferensi Rekomendasi Klien. Jurnal Ekonomi Perusahaan, IBII Vol.12-No.3. September 2005.Yulianto. 2011. Dasar-dasar Manajemen Jasa, ed. 10, Salemba Empat, Jakarta.