ANALISIS PENGARUH PAJAK HOTEL, PAJAK RESTORAN DAN PAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN / KOTA SE-KALIMANTAN BARAT

Main Author: Azelia, Firda B1021131103
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen Update , 2019
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/30717
Daftar Isi:
  • ANALISIS PENGARUH PAJAK HOTEL, PAJAK RESTORAN DANPAJAK REKLAME DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLIDAERAH DI KABUPATEN / KOTA SE-KALIMANTAN BARATPRIODE TAHUN 2012 – 2016ABSTRAKPajak merupakan salah satu sumber dana pemerintah untuk melakukanpembangunan, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah khususnyapada Kabupaten/Kota se-Kalimantan Barat. Pemungutan pajak dapatdipaksakan karena dilaksanakan berdasarkan undang-undang KUP NOMOR28 TAHUN 2007, pasal 1, ayat 1, pengertian Pajak adalah kontribusi wajibkepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifatmemaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalansecara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesarbesarnyakemakmuran rakyat.Ketiga sektor ini menjadi golongan yang sangat lazim dikehidupanmasyarakat, karena ketiga golongan sktor ini mempunyai keunggulankompetitif tersendiri di kehidupan masyarakat yang sering melakukankegiatan pada di sektor industri ini. Dengan demikian, perkembanganindustri perhotelan, restoran, dan reklame secara langsung maupun tidaklangsung akan berdampak pada peningkatan pendapatan asli daerah.Tujuan dari penelitian ini untuk memprediksi adakah peningkatan padapendapatan asli daerah yang terjadi dalam setiap pembayaran pajak hotel,pajak restoran dan pajak reklame di Kabupaten / Kota se-Kalimantan Barat.data yang terhitung yakni pada tahun 2012 - 2016. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif . hasil daripenelitian ini menunjukan bahwa secra individual variable pajak hotelberpengaruh signifikan sebesar 0,001. Variable Pajak Restoran berpengaruhterhadap Pendapatan Asli Daerah dengan tingkat signifikan sebesar 0,382.Variable Pajak Reklame berpengaruh positif terhadap Pendapatan AsliDaerah dengan tingkat signifikansi sbesar 0,499.Uji Analisis Regresi menunjukan hasil yang tinggi dari R square (R2)sebesar 0,344 atau 34%. hal ini menunjukan bahwa sebesar 34%variablePendapata Asli Daeah dapat dijelaskan oleh variasi dari variable pajak hotel,pajak restoran dan pajak reklame. Sedangkan sisanya 66% dapat dijelaskanoleh faktor lain diluarKata Kunci : Pajak hotel , Pajak Restoran dan Pajak Reklame dalamModifikasi analisis Regresi Uji beda DAFTAR PUSTAKA............ Republik Indonesia. Undang-undang No.28 tahun 2009. Tentang PajakDaerah dan Retribusi Daerah........... Republik Indonesia. Undang-undang No.16 tahun 2010. Tentang PajakDaerahAsriyawati, Mutia Hendayani, 2014. Pengaruh Pajak Hotel, Pajak Restoran danPajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Tanjungpinang Periode2009-2013. Jurnal AkuntansiGhozali, Imam, 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS21. Badan Penerbit Universitas di Ponegoro: semarangHalim, Abdul, 20012. Manajemen Keuangan DaerahIndra Widhi Ardiansyah, Analisis Kontribusi Pajak Hotel, Pajak Restoran, danPajak Reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah puerwarejo 2010. UniversitasIslam Negeri YogyakartaJabar Abdul Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Volume 14 no. 2 – mei 2013. AnalisisPotensi dan Penerimaan Pajak daerah di Kota SoloKobandaha, Rezlyanti dan Wokas, Heince R.N. 2016. Analisis Efektivitas,Kontribusi dan Potensi Pajak Reklame dan Pajak Hotel Terhadap PendapatanAsli Daerah Kota Kotamobagu. Jurnal EMBA : Vol,4Mardiasmo, 2011. Perpajakan Daerah. Edisi Revisi. Andi: YogyakartaMarlita, Ni Made dan Suardana, Ketut Alit, 2016. Pengaruh Pajak Daerah padaPendapatan Asli Daerah di Kota Denpasar. E-Jurnal Akuntansi UniversitasUdayana : Vol.14,1:2003-1018Memah, Edward W, 2013. Efektivitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Hotel,Pajak Restoran, dan Pajak Reklame terhadap PAD Kota Manado. Jurnal EMBA:Vol.1, No,3:871-881Nugraha dan Arvian Triantoro, 2012. Analisis Pajak Restoran dan Kontribusinyaterhadap Pendapatan Asli Daerah: Kota BandungPurwanto, Sayugo Adi, 2016. Pengaruh Pajak Reklame terhadap PeningkatanPendapatan Asli Daerah Kabupaten Berau. Jurnal Ekonomi : Vol.10, No.1Resmi, Siti, 2009. Perpajakan : Teori dan Kasus. Edisi 5 Salemba Empat : JakartaSiahaan, Marihot Pahala, 2013. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Edisi Revisi.PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta59Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta :BandungSumarsan, Thomas, 2013. Perpajakan Indonesia. Edisi 3. Indeks : JakartaTjahjono, A dan M. Fakhri husein , (2009). Volume 7, Nomor 2, September2008. Hlm,1 : Jurnal Akuntansi KeuanganWaluyo, 2011. Perpajakan Indonesia. Edisi 10. Salemba Empat : Jakarta