Analisis Pengaruh Etnosentrisme, Labelisasi Halal, Celebrity Endorser dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi pada Konsumen Bedak Wardah di Kota Pontianak)

Main Author: B1022131015, Mimin Yunitasari
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen Update , 2018
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/23360
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Etnosentrisme terhadap keputusan pembelian pada konsumen bedak Wardah di Kota Pontianak, (2) Pengaruh Labelisasi Halal terhadap keputusan pembelian pada konsumen bedak Wardah di Kota Pontianak, (3) Pengaruh Celebrity Endorser terhadap keputusan pembelian pada konsumen bedak Wardah di Kota Pontianak, (4) Pengaruh Perceived Quality terhadap keputusan pembelian pada konsumen bedak Wardah di Kota Pontianak.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen bedak Wardah di Kota Pontianak. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Purposive sampling dengan jumlah sampel sebesar 100 orang. Model analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Etnosentrisme berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelia bedak Wardah di Kota Pontianak dengan nilai regresi sebesar 0,265 dan tingkat signifikansinya 0,004<0,05. (2) Labelisasi Halal berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian bedak Wardah di Kota Pontianak dengan nilai regresi sebesar 0,343 dan tingkat signifikansinya 0,000<0,05. (3) Celebrity Endorser berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian bedak Wardah di Kota Pontianak dengan nilai regresi sebesar 0,015 dan tingkat signifikansinya 0,895>0,05. (4) Perceived Quality berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian bedak Wardah di Kota Pontianak dengan nilai regresi sebesar 0,291 dan tingkat signifikansinya 0,011<0,05. Kata Kunci : Etnosentrisme, Labelisasi Halal, Celebrity Endorser, Perceived Quality dan Keputusan Pembelian