PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JILBAB ELZATTA HIJAB STORE DI MATAHARI MALL PONTIANAK

Main Author: B31112109, Citra Kartika
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen Update , 2018
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/23354
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek, harga, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian jilbab Elzatta Hijab Store di Matahari Mall Pontianak. Metode penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif, dengan menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan datadan sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah sebanyak 100 responden dengan menggunakanteknik penarikan sampel purposive sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan program SPPS 16.0. Variabel citra merek diukur dengan beberapa indikator diantaranya adalah pengenalan, reputasi, daya tarik dan kepercayaan. Variabel harga diukur dengan beberapa indikator diantaranya adalah terjangkau, kesesuaian harga dengan manfaat ,dan daya saing harga terhadap produk lain. Variabel kualitas produk diukur dengan beberapa indikator diantaranya adalah daya tahan, kehandalan, desain mengikuti perkembangan zaman dan keistimewaan tambahan. Variabel promosi diukur dengan beberapa indikator diantaranya adalah jangkauan promosi, kuantitas penayangan iklan di media promosi dan kualitas penyampaian pesan dalam penayangan iklan di media promosi. Variabel keputusan pembelian diukur dengan beberapa indikator diantaranya adalah keyakinan dalam pengambilan keputusan, pertimbangan cermat dan perasaan mantap.Berdasarkan hasil dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa variabel citra merek (X1), harga (X2), kualitas produk (X3) promosi (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian jilbab Elzatta Hijab Store di Matahari Mall Pontianak (Y), artinya citra merek, harga, kualitas produk dan promosi mampu mendorong responden pada penelitian ini untuk melakukan keputusan pembelian, dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dan nilai R2 sebesar 74% sedangkan sisanya sebesar 26% merupakan variabel lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini.Kata kunci : Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Promosi, dan Keputusan Pembelian