“Pengaruh Atribut Produk, Word of Mouth, Brand image, dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus pada konsumen Kamera DSLR merek Canon di Kota Pontianak)”
Main Author: | B11112068, Erik Pradana |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Manajemen Update
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/22445 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Persaingan antar produsen kamera DSLR saat ini semakin meningkat, sehingga perusahaan selalu memberikan produk-produk yang ter-update untuk merebut atau mempertahankan konsumen. Dalam hal ini perusahaan terus mengembangkan atribut produk yang ada pada kamera DSLR. Dengan pengembangan atribut produk yang di tawarkan oleh perusahan, konsumen yang merasa puas akan produk yang dibelinya memberikan word of mouth positif kepada calon konsumen lainnya. Perusahaan juga harus benar-benar memperhatikan image produk yang ditawarkan kepada konsumen agar citra merek produk dapat melekat di benak konsumen. Ketika image produk sudah tercipta dalam benak konsumen, maka akan ada konsumen yang telah merasakan keunggulan dari produk tersebut yang disebut dengan kelompok referensi yang akan memberikan informasi-infomasi secara lengkap tentang produk kepada konsumen lainnya.Makin banyaknya merek-merek kamera DLSR keluaran dari berbagai produsen yang menawarkan harga lebih murah dan kualitas hampir sama serta fitur-fitur yang canggih, membuat persaingan antar produsen kamera DSLR semakin meningkat. Canon melalui kamera DSLR nya memiliki image yang baik dimata konsumen, sehingga konsumen lebih yakin dan merasa aman untuk membeli dan menggunakan kamera DSLR merek Canon. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pangsa pasar kamera DSLR merek Canon sebesar 1,5 persen dari tahun 2015 hingga tahun 2016.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Atribut Produk, Word of mouth, Brand image, dan Kelompok Referensi terhadap keputusan pembelian kamera DSLR merek Canon di Pontianak. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden yang diambil melalui metode Proposional random sampling dan Purposive sampling. Dalam melakukan pengumpulan datanya didapatkan melalui kuisioner dan pengukuruan datanya melalui skala likert. Analisis data mengunakan uji validitas, dan reliabelitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji t, uji f, dan uji R determinasi. Hasil yang dicapai melalui SPSS 22 diketahui atribut produk, word of mouth, brand image, dan kelompok referensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dengan persentase pengaruh sebesar 64,0%. Sementara sisanya sebesar 36.0% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Kata Kunci : Atribut Produk, Word of Mouth, Brand Image, Kelompok Referensi, Keputusan Pembelian.