PENGARUH DESTINATION IMAGE TERHADAP MINAT BERKUNJUNG SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG ( STUDI PADA DESA TEMAJUK KECAMATAN PALOH KABUPATEN SAMBAS )

Main Author: LAMSYAH, LAMSYAH B1021131117
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen Update , 2017
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/22394
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh destination image terhadap minat berkunjung serta dampaknya terhadap keputusan berkunjung pada destinasi wisata Desa Temajuk. Jenis Penelitian ini adalah penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Masyarakat Kalimantan Barat yang sedang atau pernah mengunjungi objek wisata di Desa Temajuk. Jumlah sampel sebesar 100 responden dipilih dengan cara purposive sampling, selanjutnya pengolahan data menggunakan analisis jalur.Hasil penelitian model pertama menunjukkan bahwa variabel destination image berpengaruh terhadap keputusan berkunjung. Kemampuan variabel tersebut dalam menjelaskan pengaruhnya terhadap variabel keputusan berkunjung adalah sebesar 12,46 % . Hasil penelitian model kedua menunjukan bahwa pengaruh variabel destination image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung melalui minat berkunjung sebagai variabel intervening. Kemampuan variabel tersebut dalam menjelaskan pengaruhnya terhadap keputusan berkunjung adalah sebesar 27,88 %. Kata kunci: Destination Image, Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung