PENGARUH DAYA TARIK, KREDIBILITAS DAN KEAHLIAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP MINAT BELI SEPATU ADIDAS (Studi Kasus 4 Celebrity Endorser Adidas di Instagram)
Main Author: | Angga, Oktarida Angga Pratama B1021131063 |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Manajemen Update
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/22210 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh daya tarik, kredibilitas, dan keahlian celebrity endorser terhadap minat beli sepatu Adidas di Kota Pontianak (Studi Kasus 4 Celebrity Endorser Adidas di Instagram). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota Pontianak yang memiliki media sosial instagram dan juga mengikuti salah satu atau lebih celebrity endorser yang peneliti teliti. Jumlah sampel sebesar 100 responden dipilih dengan cara purposive sampling, selanjutnya pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel daya tarik dan kredibilitas berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai signifikansi variabel daya tarik sebesar 0,000 dan variabel kredibilitas sebesar 0,001, sedangkan variabel keahlian tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai signifikansi variabel keahlian sebesar 0,258. Kemampuan ketiga variabel tersebut dalam menjelaskan pengaruhnya terhadap minat beli adalah sebesar 47,3%. Sedangkan sisanya sebesar 52,7% dijelaskan oleh faktor lain diluar model penelitian. Kata kunci: daya tarik, kredibilitas, keahlian, celebrity endorser, minat beli, Instagram