PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN SUASANA CAFE (STORE ATMOSPHERE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA ALILA CAFE PONTIANAK)
Main Author: | admin, Rony B11112122 |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Manajemen Update
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/21867 http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/downloadSuppFile/21867/1521 |
Daftar Isi:
- PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN SUASANA CAFE (STORE ATMOSPHERE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA ALILA CAFE PONTIANAK) RONYNIM. B11112122 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan suasana cafe terhadap keputusan pembelian konsumen dan dampaknya terhadap kepuasan konsumen pada Alila Cafe Pontianak. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian asosiatif berupa penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang datang membeli dan menikmati hidangan di Alila Cafe Pontianak dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling insidental dengan alat analisis yaitu analisis jalur.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas produk dan suasana cafe berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Besarnya pengaruh langsung variabel kualitas produk dan suasana cafe terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 51,7%.sedangkan sisanya sebesar 48,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian. Suasana cafe dan keputusan pembelian konsumen berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Besarnya pengaruh langsung kualitas produk, suasana cafe, keputusan pembelian konsumen terhadap kepuasan konsumen sebesar 30,4% sedangkan sisanya sebesar 69,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan kedalam penelitian. Kata Kunci : Kualitas Produk, Suasana Cafe, Keputusan Pembelian Konsumen, dan Kepuasan Konsumen