ANALISIS PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN KREDIBILITAS PERUSAHAAN TERHADAP BRAND AWERENESS DAN DAMPAKNYA TERHADAP MINAT BELI ( Studi Pada Produk Mie Sedaap White Curry di Kota Pontianak)

Main Author: admin, ERNA HIDAYATI B1021131019
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Manajemen Update , 2017
Online Access: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/20046
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh langsung maupun tidak langsung variabel celebrity endorser, kredibilitas perusahaan, terhadap brand awareness dan dampaknya terhadap Minat beli pada produk Mie Sedaap White Curry di kota Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif yaitu penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Pontianak yang pernah menyaksikan iklan Mie Sedaap White Curry. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan program SPSS versi 16. Hasil pengolahan data yang diperoleh menunjukkan bahwa celebrity endorser dan kredibilitas perusahaan berpengaruh sigifikan terhadap brand awareness, celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap minat beli, namun kredibilitas perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli dan brand awareness berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Temuan penelitian ini membuktikan bahwa Brand Awareness (Y1) dalam penelitian ini berperan sebagai variabel yang memediasi pengaruh Celebrity Endorser (X1) dan Kredibilitas Perusahaan (X2) terhadap Minat Beli (Y2). Kata Kunci : celebrity endorser, kredibilitas perusahaan, brand awareness, minat beli