PENGARUH VIRAL MARKETING DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SMARTPHONE MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
Main Author: | admin, Hary Antonius Gultom B11111014 |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Manajemen Update
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/19525 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh viral marketing dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk smartphone melalui media sosial instagram di kota Pontianak. Variabel ini terdiri dari variabel dependen yaitu keputusan pembelian dan variabel independen yaitu viral marketing dan gaya hidup. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Pontianak yang memiliki akun media sosial instagram dan pernah melakukan keputusan pembelian smartphone melalui media sosial instagram. Jumlah sampel sebesar 100 responden yang dipilih secara purposive sampling. Pengolahan data menggunakan uji regresi linear berganda untuk menguji hipotesis apakah viral marketing dan gaya hidup berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk smartphone melalui media sosial instagram di kota Pontianak. Hasil penelitian menunjukan bahwa viral marketing berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk smartphone melalui media sosial instagram dengan nilai koefisien sebesar 0,151 dengan nilai signifikan 0,047 lebih kecil dari 0,050. Gaya hidup berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk smartphone melalui media sosial instagram dengan nilai koefisien 0,194 dengan nilai signifikan 0,045 lebih kecil dari 0,050. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,142 yang artinya besarnya pengaruh yang diberikan oleh variabel viral marketing dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk smartphone melalui media sosial instagram di kota Pontianak sebesar 14,2% sedangkan sisanya sebesar 85,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kata Kunci : Viral Marketing, Gaya Hidup, Keputusan Pembelian