Pengaruh Kelompok Referensi, Kepercayaan Merek, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Merek Aplikasi Pesan Instan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi Pesan Instan LINE di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak)
Main Author: | admin, Oktapianus Cristian B11112073 |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Manajemen Update
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/19006 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Kelompok Referensi, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Konsumen terhadap Loyalitas Merek Aplikasi Pesan Instan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Aplikasi Pesan Instan LINE di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak). Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive Sampling, yaitu sampel yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa strata 1 angkatan 2012-2015 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak yang menggunakan aplikasi pesan instan LINE dan masih aktif kuliah dengan jumlah Sampel sebesar 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel kelompok referensi, kepercayaan merek, dan kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas merek. Kemampuan ketiga variabel tersebut dalam menjelaskan pengaruhnya terhadap loyalitas merek adalah sebesar 50,0% sedangkan sisanya sebesar 50,0% dijelaskan faktor lain diluar model penelitian. Kata Kunci: Kelompok Referensi, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Konsumen, Loyalitas Merek.