PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN KEPERCAYAAN MEREK (BRAND TRUST) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (CONSUMER LOYALTY) STUDI KASUS PADA KONSUMEN SHAMPOO CLEAR DI KOTA PONTIANAK KECAMATAN PONTIANAK BARAT
Main Author: | admin, M. Hardian Holdi B11110099 |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Manajemen Update
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/18203 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah variabel citra merek, dan kepercayaan merek memiliki pengaruh terhadap loyalitas konsumen pada produk Shampoo Clear. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian explanatory. Populasi dari penelitian ini adalah responden konsumen produk Shampoo Clear di kota Pontianak. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden di kota Pontianak. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 22.0. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa citra merek dan kepercayaan merek secara terpisah (parsial) dan bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen produk Shampoo Clear di kota Pontianak, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai R2 sebesar 34,5%, sedangkan sisanya sebesar 65,5% merupakan faktor lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini. Kata Kunci :citra merek, kepercayaan merek dan keputusan pembelian