PENGARUH ATRIBUT PRODUK, HARGA DAN LAYANAN PURNA JUAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE OPPO PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS TANJUNGPURA PONTIANAK
Main Author: | admin, Adhiatma Prayoga B11110092 |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Manajemen Update
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/18202 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Atribut Produk, Harga, dan Layanan Purna Jual terhadap Keputusan Pembelian. Dimana variabel independen terdiri dari Atribut Produk, Harga, dan Layanan Purna Jual dan variabel dependen Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan sampel penelitian sebanyak 100 responden. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 20.0. Hasil analisis diketahui bahwa variabel Atribut Produk (X1), Harga (X2) dan Layanan Purna Jual (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk smartphone OPPO di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura Pontianak, dengan nilai signifikansi sebesar 0,033 (X1), 0,027 (X2), dan 0,000 (X3). Nilai R2 sebesar 41,9%, menjelaskan bahwa Atribut Produk, Harga dan Layanan Purna Jual memiliki sumbangan pengaruh terhadap Keputusan Pembelian sebesar 41,9% sedangkan sisanya sebesar 58,1% merupakan faktor lain yang tidak diteliti di dalam penelitian ini. Kata Kunci: Atribut Produk, Harga, Layanan Purna Jual dan Keputusan Pembelian.